nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hanya Satu yang Lolos Administrasi, KPU Tunda Penetapan Paslon di Pilkada Deliserdang

Erie Prasetyo, Jurnalis · Selasa 13 Februari 2018 12:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 13 340 1858800 hanya-satu-yang-lolos-administrasi-kpu-tunda-penetapan-paslon-di-pilkada-deliserdang-NWoBsjRo4R.jpg Ilustrasi

MEDAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Kabupaten Deliserdang menunda penetapan pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati.

Padahal, sesuai jadwal harusnya penetapan paslon dilakukan pada Senin (12/2/2018) serentak dengan daerah lain yang menyelenggarakan Pilkada.

Ketua KPU Deliserdang, Timo Dahlia Daulay menerangkan, dari 3 bakal paslon yang mendaftar, hanya 1 saja yang memenuhi syarat administrasi.

Hal itu dijabarkan dalam Rapat penyampaian Penelitian Perbaikan Persyaratan Administrasi dokumen persyaratan pencalonan dan persyaratan calon dalam pemilihan Bupati dan wakil Bupati Deliserdang Tahun 2018 di depan tim penghubung dari tiga bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati yang mendaftarkan diri.

(Baca Juga: 2 Balon Independen Tak Penuhi Syarat, Petahana Deliserdang Lawan Kotak Kosong)

Ketiga bakal paslon yang mendafat adalah Ashari Tambunan-M.Ali Yusuf Siregar yang diusung oleh 11 Parpol. Sedangkan dua bakal paslon lainnya maju dari jalur perseorangan yakni Sofyan Nasution-Jamilah dan Mion Tarigan-Zainal Arifin.

Setelah KPU melakukan penelitian berkas, hanya satu calon yang lolos yakni Ashari Tambunan-M.Ali Yusuf Siregar sedangkan dua bakal paslon perseorangan tidak memenuhi syarat Pencalonan.

"Hari ini ada dua agenda yang kita umumkan, pertama penundaan Penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Deli Serdang hingga tanggal 19 Februari 2018,” terang Timo.

Keputusan itu tertuang dalam dengan surat KPU Deli Serdang nomor 33/HK.03.1-Kpt/1207/KPU-Kab/II/2018 dimana keputusan ini berdasarkan pasal 3 sampai pasal 5 PKPU no.14 tahun 2015 tentang Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan walikota dan wakil walikota dengan satu pasangan calon.

Dalam rangka melaksanakan pasal 54C ayat 1 huruf b UU no.1 tahun 2015 karena hanya satu Bapaslon saja yang memenuhi syarat pencalonan dari tiga Bapaslon yang mendaftar, maka Penetapan Calon Bupati dan wakil Bupati Deliserdang ditunda.

Timo yang didampingi empat orang komisioner lainnya, juga menjelaskan agenda kedua yakni Pembukaan pendaftaran Bapaslon Bupati dan Wabup yang dimulai dari tahapan tanggal 13-15 Februari sosialisasi pendaftaran dan tahapan tanggal 16-19 Februari pendaftaran hingga penetapan Calon.

(Baca Juga: Ikut Pilkada Serentak, 6 Kepala Daerah di Sumut Ajukan Cuti)

Usai memaparkan agenda pertemuan dengan tim penghubung dari tiga bakal paslon di gedung Aula KPU Deliserdang, pihak KPU Delserdang menyerahkan berkas Perbaikan Persyaratan Administrasi dokumen persyaratan pencalonan dan persyaratan calon dalam pemilihan Bupati dan wakil Bupati Deliserdang Tahun 2018 kepada masing tim penghubung.

Sementara itu, kasus sengketa pemilihan dengan penggugat dari dua Bapaslon Perseoorangan Masing-masing Bapaslin Sofyan-Jamilah dan Mion-Zainal masih terus bergulir.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini