nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2 Balon Independen Tak Penuhi Syarat, Petahana Deliserdang Lawan Kotak Kosong

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Senin 22 Januari 2018 17:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 22 340 1848564 2-balon-independen-tak-penuhi-syarat-petahana-deliserdang-lawan-kotak-kosong-gvvOAsi4C4.jpg Ilustrasi

MEDAN - Dua bakal pasangan calon yang mendaftar pada Pilkada Kabupaten Deliserdang tahun 2018, Sofyan Nasution-Jamilah dan Mion Tarigan-Zainal Abidin, dinyatakan tidak memenuhi syarat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara. Kedua calon independen itu disebut tidak dapat memenuhi jumlah berkas dukungan yang disyaratkan KPU untuk mendaftar.

Dengan kondisi itu, Pilkada kabupaten yang mengepung Kota Medan itu berpotensi hanya diikuti satu pasangan calon, yakni bakal calon Azhari Tambunan-Ali Yusuf Siregar, yang merupakan bakal pasangan petahana.

Menanggapi hal itu, Sofyan Nasution mengaku kecewa dengan KPU Deliserdang. Sofyan yang juga Ketua DPD Partai Perindo Deliserdang itu pun berencana menggugat KPU Deliserdang hari ini.

(Baca Juga: 13 Pasangan Calon Melawan Kotak Kosong di Pilkada 2018, Siapa Saja Mereka?)

"Kami sangat kecewa dan keberatan. KPU secara sepihak menyatakan formulir B1-KWK (formulir penyataan dukungan perseorangan) kami tidak cukup. Hari ini kita akan ke Panwas Deliserdang untuk menggugat ini," kata Sofyan Nasution, Senin (22/1/2018).

Komisioner KPU Deliserdang Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat Bobby Indra Prayoga menyebutkan, kedua balon independen itu tidak memenuhi syarat sampai verifikasi perbaikan dukungan KTP.

Saat verifikasi pertama, dukungan KTP kepada pasangan Mion Tarigan-Zainal Abidin dan Sofyan-Jamilah menyerahkan KTP di atas dukungan minimal, yakni 90 ribuan lebih. KPU menetapkan jumlah dukungan sebanyak 87 ribuan.

"Setelah diverifikasi administrasi dan faktual, untuk pasangan Sofyan yang memenuhi syarat hanya 1500-an. Untuk Mion yang memenuhi syarat hanya 30 ribuan. Jadi dikasih kesempatan untuk perbaikan, perbaikannya itu dua kali lipat dari 87 ribuan," kata Bobby.

(Baca Juga: Pragmatisme Politik Dinilai Penyebab 13 Paslon "Melawan" Kotak Kosong di Pilkada 2018)

Sebelumnya, kedua paslon dari jalur perseorangan itu kembali mendatangi KPU Deli Serdang untuk menyerahkan berkas perbaikan. Namun setelah diverifikasi kedua paslon dinyatakan gagal memenuhi syarat dukungan KTP.

Setelah dilakukan penghitungan, pasangan Mion-Zainal menyerahkan dukungan KTP sebanyak 147.922 dukungan. Namun yang memenuhi syarat hanya 97 ribuan.

"Untuk sofyan nasution, dari 173.522 ternyata setelah dihitung sebanyak 110 ribuan yang sah. Jadi dengan jumlah segitu, sesuai hasil pleno, kedua pasangan tidak memenuhi syarat," ungkap Bobby.

(kha)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini