nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Debu Vulkanik Gunung Sinabung Sampai Lhokseumawe, Warga Diimbau Pakai Masker dan Kacamata

Khalis Surry, Jurnalis · Selasa 20 Februari 2018 03:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 20 340 1861855 debu-vulkanik-gunung-sinabung-sampai-lhokseumawe-warga-diimbau-pakai-masker-dan-kacamata-sTCw55NlLL.jpg Abu vulkanik akibat erupsi Gunung Sinabung menutup perkarangan rumah warga Karo, Sumatera Utara. Foto Antara/Surianto Sembiring

BANDA ACEH - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, sejak pukul 08.54 WIB pagi tadi kembali meletus dengan dahsyat. Semburan abu vulaknik menjulang tinggi hingga mencapai 5.000 meter atau dengan jarak lima kilometer, Senin,(19/2/2018).

Informasi yang dihimpun Okezone, pada pukul 14.00 WIB, dampak dari erupsi gunung Sinabung itu mulai tercemar hingga Aceh Tenggara.

Udara yang sudah tercemari abu vulkanik itu sudah sangat terasa bagi warga setempat. Sebab itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tenggara mengimbau agar masyarakat untuk mengurangi aktivita di luar rumah.

Tak hanya di Aceh Tenggara, kini, semburan abu vulkanik gunung Sinabung juga telah mulai tercemar di udara Kota Lhokseumawe dan sekitarnya.

"Iya sudah sampai Lhokseumawe dan sekitarnya," kata Forecaster BMKG Lhokseumawe, Kharendra Muiz saat dihubungi Okezone, Senin (19/2/2018) malam.

Sebab itu, Kharendra mengimbau masyarakat agar mengurangi aktivitas di luar rumah, sebab, abu vulkanik tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Dampaknya seperti pernapasan yang disebabkan oleh material debu yang dapat menimbulkan iritasi saluran pernapasan hingga infeksi.

"Mata yang sebabkan tekstur debu memiliki sudut kristal yang meruncing atau tajam sehingga dapat menggores dan menyebabkan iritasi," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga menghimbau ketika keluar rumah agar tidak lupa menggunakan masker dan kaca mata atau pelindung mata. Dan disarankan agar tidak mengucek apabila terkena debu, sebab akan menyebabkan goresan pada lapisan kornea mata.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini