nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bangkai Kapal Perusak Jepang yang Ikut dalam Serangan Pearl Harbor Ditemukan

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 01 Maret 2018 09:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 28 18 1866226 bangkai-kapal-perusak-jepang-yang-ikut-dalam-serangan-pearl-harbor-ditemukan-DmCba4q22S.jpg Kapal Perusak Isokaze. (Foto: Wikipedia)

TOKYO - Kapal angkatan laut Jepang yang ikut ambil bagian dalam serangan ke pangkalan angkatan laut Amerika Serikat (AS) di Pearl Harbor pada Perang Dunia II telah ditemukan di kedalaman laut di lepas pantai Jepang. Surat kabar lokal mewartakan, bangkai kapal perusak Isokaze ditemukan di pantai selatan Jepang oleh perusahaan Fukada Salvage & Marine Works.

BACA JUGA: Setelah 72 Tahun, Bangkai Kapal Perang AS Ditemukan di Laut Filipina

Kapal perang tersebut ikut ambil bagian dalam serangan mendadak ke Pearl Harbor pada 1941 dan dalam pertempuran Midway setahun kemudian. Isokaze tenggelam di Pantai Makurazaki pada 7 April 1945 saat menemani kepal perang legendaris Yamato untuk mempertahankan Okinawa.

Isokaze memiliki ukuran panjang 111 meter dan lebar 10 meter dengan berat sekira 2.500 ton. Puing-puing kapal ini sebenarnya telah dietmukan sejak 2016, tetapi baru diungkap bulan ini.

Hal itu dilakukan agar tidak menyita perhatian dari penemuan Yamato yang dipublikasikan secara luas. Kapal perang terbesar di dunia itu ditemukan di dekat lokasi penemuan Isokaze pada 1980-an.

"Ini adalah pertama kalinya sebuah kapal yang tenggelam dengan Yamato telah ditemukan. Ini adalah sumber daya yang berharga," kata Tadaaki Hanato dari Fukada sebagaimana dilansir RT, Kamis (1/3/2018).

Kapal perang itu dibangun di galangan kapal Sasebo milik Angkatan Laut Kekaisaran dan mulai beroperasi pada 1940. Meskipun mengalami kerusakan yang signifikan dalam beberapa pertempuran, kapal tersebut hampir bertahan sampai akhir perang. Ini adalah salah satu kapal Perang Dunia II yang paling bersejarah yang pernah ada.

BACA JUGA: Bangkai Kapal Perang Belanda Ditemukan di Madura

Kurator Museum Yamato, Kazushige Todaka, mengatakan kepada NHK bahwa berdasarkan tingkat kerusakan yang telah tercatat dan tempat kapal ditemukan, tidak diragukan lagi bahwa bangkai kapal itu adalah Isokaze.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini