nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TKI di Hong Kong Dipukuli Majikan dan Diancam Dibunuh

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 02 Maret 2018 10:27 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 02 18 1866874 tki-di-hong-kong-dipukuli-majikan-dan-diancam-dibunuh-u47mUEgouQ.jpg TKI di Hong Kong dipukuli dan diancam dibunuh oleh majikannya (Foto: Time News International/Facebook)

HONG KONG – Seorang tenaga kerja Indonesia (TKI) kembali menjadi korban penyiksaan oleh majikannya. Insiden tersebut kali ini terjadi di Hong Kong. Seorang majikan mengancam akan membunuh dan menyerang TKI dalam video yang disiarkan langsung lewat Facebook.

Video yang kini menjadi viral itu menunjukkan si majikan yang tengah marah-marah dalam bahasa setempat kepada pembantunya. TKI yang namanya tidak diketahui itu terdengar berkali-kali mengeluhkan perlakuan majikannya dalam bahasa Indonesia dan umpatan dalam bahasa Jawa.

“Ini loh teman, saya dipukuli. Astagfirullahaladzim,” ujar TKI itu dalam video yang diunggah oleh akun Facebook Time News International, Jumat (3/2/2018). Pada satu kesempatan, TKI itu bahkan menyebut majikannya sebagai ‘anjing’ dalam bahasa Jawa setelah berkali-kali dipukuli.

“Kalau saya nurut-nurut saja, ya mandek,” kata TKI itu dalam kesempatan lainnya.

Sang majikan, seorang perempuan yang diperkirakan sudah berusia lanjut, marah ketika mengetahui pembantunya berbicara dalam bahasa yang tidak diketahuinya. Perempuan berambut putih itu lantas mengamuk dan meminta TKI itu berbicara dalam bahasa lokal, yaitu bahasa China.

“Mengapa Anda tidak berbicara bahasa China? Mengapa Anda berbicara dalam bahasa lain? Saya tidak paham. Anda sangat kejam, apa yang Anda katakan tentang saya? Bicara! Bicara dalam bahasa saya. Apa yang Anda katakan? Saya tidak pernah dibuat semarah ini oleh orang lain,” kata sang majikan.

Majikan itu lantas melanjutkan penyiksaannya dengan memukuli TKI itu di wajah dan mulutnya. Pada satu kesempatan, perempuan itu terlihat menusuk pipi pembantunya dengan jari tangan.

Pada kesempatan lainnya, si majikan berusaha menyeret pembantunya yang sedang bersiap untuk tidur dari atas kasur. Tak cukup sampai di situ, ia juga mengancam akan membunuh TKI tersebut.

“Aduh, kepalaku sakit. Orang gila. Saya sudah siap-siap tidur, lampu dimatikan, tiba-tiba datang marah-marah tidak ada angin, tidak ada hujan, siapa yang tidak kaget,” imbuhnya.

Sang majikan yang sempat keluar dari kamar lalu kembali dan memukuli TKI itu dengan lebih keras. Di tengah penyiksaan itu, perempuan tersebut kembali mengeluhkan perlakuan majikannya di depan kamera.

“Ya Allah, sabar, Ya Allah. Mulutku ditampar. Ya Allah,” ujar TKI itu sambil meringis menahan sakit di akhir video.

Baik sang majikan maupun TKI itu belum dapat diidentifikasi. Namun, insiden itu diketahui terjadi di Hong Kong pada 28 Februari tengah malam waktu setempat.

Belum diketahui dengan pasti apa yang menyebabkan sang majikan marah besar kepada pembantunya. Namun, di awal video TKI itu sempat mengeluh majikannya masuk ke kamar ketika ia sudah siap tidur. Si majikan lantas mengatakan pembantunya itu tidak berguna. TKI itu membalas dengan mengatakan bahwa dirinya sudah bekerja dengan baik dan mematuhi semua perintahnya.

Video tersebut sudah ditonton lebih dari 800 ribu kali sejak diunggah pada 28 Februari tengah malam waktu setempat. Di laman Facebook Time News International saja, video itu sudah disaksikan lebih dari 300 ribu kali, dikomentari lebih dari 3 ribu pengguna, dan dibagikan sebanyak 9.300 kali.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini