nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terminal Pondok Cabe Masih Sepi Pemudik meski Miliki 33 PO Bus

Hambali, Jurnalis · Rabu 13 Juni 2018 15:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 13 338 1910068 terminal-pondok-cabe-masih-sepi-pemudik-meski-miliki-33-po-bus-U36mF4hmC8.jpg Terminal Pondok Cabe masih sepi pemudik. (Foto: Hambali/Okezone)

TANGERANG SELATAN – Hingga H-2 Lebaran 2018, jumlah pemudik yang berangkat melalui Terminal Pondok Cabe di Pamulang, Tangerang Selatan, terlihat masih sepi. Padahal tercatat sudah ada 33 perusahaan otobus (PO) yang terdaftar memberikan pelayanan di sana.

Berdasarkan pantauan di lokasi, Rabu (13/6/2018), tidak ada peningkatan signifikan dari jumlah penumpang. Loket-loket PO bus yang berada di salah satu ruangan lantai 2 gedung terminal itu juga masih tampak lenggang dari pelayanan tiket.

Koordinator Terminal Pondok Cabe, Stanley Puspawijaya, menjelaskan bahwa saat ini jumlah rata-rata pemudik yang berangkat melalui Terminal Pondok Cabe mencapai angka 100 hingga 150 orang setiap harinya. Sedangkan untuk peningkatan penumpang terjadi pada Minggu 10 Juni 2018 dengan jumlah 164 penumpang.

"Masih terbilang sepi ya. Saat ini rata-rata pemudik yang melalui pemberangkatan terminal ini jumlahnya sekira 100 sampai 150 orang," terang Stanley saat ditemui usai tes urine dan pemeriksaan kesehatan awak bus oleh Dinas Kesehatan Kota Tangsel.

Ia mengatakan, kondisi sepinya pemudik lebih disebabkan persoalan teknis. Agen-agen bus masih menjalankan trayek lama yang mengangkut penumpang di Lebak Bulus dan Pondok Pinang.

"Karena sebagian trayeknya masih ada yang di Lebak Bulus, Pondok Pinang. Ada juga yang buka trayek liar di beberapa lokasi dekat sini. Tapi nanti setelah terminal ini serah-terima, baru kita sosialisasi ke PO bus di luar sana agar bisa bekerja sama," tambah Stanley.

Menurut dia, operasional menyeluruh dari Terminal Pondok Cabe telah berlangsung sejak tiga pekan lalu. Hal itu didukung pula dengan menambah kelengkapan beberapa fasilitas pelayanan dan jadwal keberangkatan bus.

"Total petugas yang bersiaga ada 33 orang, pegawai dari BPTJ (Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek) ada 18 orang, dan dari Dishub tangsel ada 15 orang. Sedang kita siapkan untuk operasional selama 24 jam penuh," jelasnya.

Terminal Pondok Cabe sendiri nantinya dijadikan terminal terpadu. Bakal ada terminal tipe A, tipe B, dan tipe C di dalamnya. Sayangnya, sejak pertama dibangun pada 2015, peresmian terminal itu sempat beberapa kali tertunda akibat belum rampungnya pembangunan fisik gedung.

"Rencananya tanggal 24 Juni ini akan serah-terima," pungkas Stanley.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini