Israel Bunuh Seorang Warga Palestina dan Lukai 220 Lainnya di Tengah Upaya Gencatan Senjata

Rahman Asmardika, Okezone · Sabtu 04 Agustus 2018 11:41 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 04 18 1931683 israel-bunuh-seorang-warga-palestina-dan-lukai-220-lainnya-di-tengah-upaya-gencatan-senjata-vi84NKJzp0.jpg Foto: Reuters.

GAZA – Tentara Israel menembak mati seorang warga Palestina dan melukai sedikitnya 220 lainnya dalam demonstrasi di perbatasan Gaza pada Jumat. Kekerasan itu terjadi di saat Hamas dan Israel tengah berusaha mencapai gencatan senjata.

Demonstrasi di perbatasan yang berlangsung setiap Jumat sejak 30 Maret lalu telah berkurang intensitasnya dalam beberapa pekan terakhir. Namun, pihak penyelenggara berjanji akan melanjutkan demonstrasi sampai Israel mencabut sanksi ekonomi di daerah pelabuhan itu.

BACA JUGA: 120 Negara PBB Kecam Tindakan Brutal Israel terhadap warga Gaza

Militer Israel mengatakan pasukannya telah menanggapi demonstrasi dengan "cara pembubaran kerusuhan" dan telah beroperasi "sesuai dengan prosedur operasi standar", setelah beberapa warga Gaza menerobos pagar perbatasan dan menyerang pasukan dengan bom dan perangkat eksplosif.

Dilaporkan, sekira 8.000 warga Gaza ikut ambil bagian dalam demonstrasi yang digelar di lima titik di sepanjang perbatasan itu. Sumber dari rumah sakit Gaza yang dilansir Reuters, Sabtu (4/8/2018) mengatakan, dari 220 korban luka, 90 di antaranya mengalami luka tembak dari amunisi hidup.

Selama empat bulan ketegangan antara Israel dan Palestina di Gaza, sedikitnya 156 warga Palestina telah terbunuh dan seorang tentara Israel tewas diterjang peluru sniper.

BACA JUGA: Balas Hujan Roket dari Hamas, Israel Serang 55 Target Militan di Gaza

Media Israel mengatakan Tel Aviv mencari komitmen jangka panjang dari Hamas untuk mengakhiri protes dan menghentikan peluncuran balon dan layang-layang bom yang telah menghancurkan ribuan hektar lahan pertanian dan hutan. Sebagai ganti komitmen tersebut Israel menawarkan untuk mencabut pembatasan masuknya barang dan perjalanan untuk Gaza.

Sementara Pihak Hamas menuntut Israel untuk menghentikan blokade terhadap Gaza secara permanen.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini