nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diselimuti Kabut Tipis, Jarak Pandang di Palembang Terganggu

Antara, Jurnalis · Jum'at 05 Oktober 2018 12:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 05 340 1960045 diselimuti-kabut-tipis-jarak-pandang-di-palembang-terganggu-3Wb03EIQuI.jpg Ilustrasi kabut asap. (Foto: Okezone)

PALEMBANG – Kota Palembang, Sumatera Selatan, pada Jumat pagi diselimuti kabut tipis sehingga mengganggu jarak pandang pengguna kendaraan. Berdasarkan pantauan di lokasi, kabut tampak terlihat jelas menyelimuti Jembatan Ampera yang berada di pusat Kota Palembang sekira pukul 06.00 WIB.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), nilai ambang batas (NAB) konsentrasi partikulat (PM10) di Palembang sebesar 239 atau berada dikategori tidak sehat.

Kabut ini diperkirakan sebagai dampak dari kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di sejumlah titik di Sumatera Selatan pada Kamis 4 Oktober dengan jumlah hotspot mencapai 47 titik.

(Baca juga: Kabut Asap Pekat, Ratusan Warga di Kuburaya Terjangkit Ispa)

Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Kelas I Kenten Palembang Nandang Pangaribowo menjelaskan, udara kabut atau haze merupakan kabut radiasi akibat campuran debu, asap kendaraan bermotor, asap limbah rumah tangga, dan asap karhutla.

Asap tersebut terakumulasi bercampur naik hingga udara atas. Biasanya asap turun pada malam hingga dini hari.

Terlebih lagi sejak 10 hari terakhir, Palembang dan sekitarnya belum mendapatkan curah hujan di atas 50 mm, sehingga proses akumulasi asap gampang terjadi.

Kebakaran lahan terjadi di sekitar Jalan Tol Palembang Inderalaya (Palindra), Sumatera Selatan pada Kamis kemarin sekira pukul 09.00 WIB.

(Baca juga: Jambi Mulai Diselimuti Kabut Asap, Jarak Pandang Mencapai 500 Meter)

Setidaknya lebih dari 10 hektare lahan terbakar, tepatnya di Kilometer 14 Jalan Tol Palindra di Desa Arisan Jaya, Ogan Ilir.

Operasi udara langsung dilakukan untuk mengatasi kebakaran tersebut yakni menggunakan lima unit helikopter pengebom air.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini