nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bupati Malang Jadi Tersangka Korupsi, Total Nilainya Rp7 Miliar

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Kamis 11 Oktober 2018 18:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 11 337 1962786 bupati-malang-jadi-tersangka-korupsi-total-nilainya-rp7-miliar-vUTPOUYqqN.jpg Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (Heru/Okezone)

JAKARTA – Bupati Malang Rendra Kresna resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus suap proyek di Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Jawa Timur dan penerima gratifikasi. Total korupsi dilakukan politikus Partai Nasdem itu diduga mencapai Rp7 miliar.

Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (11/10/2018), mengatakan bahwa Rendra diduga menerima suap Rp3,45 miliar dari proyek penyediaan sarana penunjang peningkatan mutu pendidikan pada Dinas Pendidikan Kabupaten Malang pada 2011.

Uang tersebut diterima dari Ali Murtopo, seorang swasta yang statusnya juga sudah ditingkatkan jadi tersangka kasus serupa.

Kabupaten Malang pada 2011 mendapat dana alokasi khusus (DAK) dari pemerintah pusat salah satunya untuk meningkatkan mutu pendidikan SD dan SMP lewat pengadaan buku serta alat peraga.

Saut menyayangkan munculnya korupsi dalam realisasi program tersebut.

Rendra Kresna (Okezone)

Selain menerima suap dari proyek Dinas Pendidikan, Rendra diduga juga menerima gratifikasi sebesar Rp3,55 miliar selama dua periode menjabat Bupati Malang.

Gratifikasi itu diterima bersama Eryk Armando Talla yang juga telah ditetapkan sebagai tersangka.

"KPK juga telah menemukan bukti permulaan yang cukup sehingga meningkatkan status penanganan perkara ke tingkat penyidikan dengan dua tersangka," tukas Saut.

Gratifikasi diterima Rendra dan Eryk diduga berasal dari berbagai proyek di sejumlah dinas Pemkab Malang. "KPK akan terus mendalami dugaan penerimaan-penerimaan tersebut dalam proses penyidikan ini," ujar Saut.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini