nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menlu Rusia: Sanksi AS terhadap Iran Tidak Sah

Agregasi VOA, Jurnalis · Rabu 07 November 2018 07:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 07 18 1974327 menlu-rusia-sanksi-as-terhadap-iran-tidak-sah-q8F2jrL2Hb.jpg Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov. (Foto: Ist)

MENTERI Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada Selasa 6 November 2018 mengatakan bahwa sanksi Amerika Serikat terhadap Iran tidak sah. Hal ini Lavrov ungkapkan dalam komentar resmi pertama Rusia sejak AS menjatuhkan kembali sanksi kepada Iran.

(Baca juga: AS Siap Jatuhkan "Sanksi Terberat" terhadap Iran)

Lavrov mengatakan, Rusia berharap ada cara untuk meneruskan kerja sama ekonomi dengan Iran, meskipun sanksi AS terhadap Iran dikenakan kembali pada Senin 5 November 2018, di sektor minyak, perbankan, dan transportasi negara itu.

Berbicara di Kota Madrid, Spanyol, Lavrov mengatakan AS telah menggunakan "cara yang tidak dapat diterima" untuk menekan operator jaringan keuangan global SWIFT untuk memutuskan hubungan kerja dengan bank-bank Iran.

Demonstrasi anti-Amerika Serikat di Iran. (Foto: AP)

Rusia dan mitra-mitra Eropa-nya mencari cara untuk mempertahankan hubungan ekonomi dengan Iran. Hal ini Lavrov ungkapkan setelah bertemu dengan mitranya dari Spanyol, Josep Borrell, tetapi tidak memberi rincian.

(Baca juga: Rouhani: Iran Akan dengan Bangga Akali Sanksi Baru AS)

Pihak Iran pada Selasa kemarin juga mengatakan bahwa sejauh ini negaranya bisa menjual minyak sebanyak yang dikehendaki, meskipun ada tekanan dari AS, tetapi mendesak negara-negara Eropa yang menentang sanksi-sanksi itu untuk berbuat lebih banyak untuk melindungi Iran.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini