nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Habib Bahar bin Smith Pilih Membusuk di Penjara, PKB: Lebay

Bayu Septianto, Jurnalis · Senin 03 Desember 2018 14:29 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 03 337 1986122 habib-bahar-bin-smith-pilih-membusuk-di-penjara-pkb-lebay-LhbefMe5av.jpg Anggota DPR dari PKB, Jazilul Fawaid (Bayu/Okezone)

JAKARTA – Habib Bahar bin Smith memilih membusuk di penjara daripada meminta maaf atas ceramahnya yang dianggap menghina Presiden Joko Widodo (Jokowi). Anggota Komisi III DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid menilai pernyataan Bahar berlebihan alias lebay.

"Kalau soal membusuk atau tidak membusuk ya itu urusan dia lah, urusan hukum kok dan enggak ada itu pidana pembusukan itu di penjara,” kata Jazilul di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (3/12/2018).

“Di penjara itu ada tahunnya, gitu loh. Menurut saya itu bahasa sekarang itu lebay gitu loh, itu urusan dia dalam hukum. Selesaikanlah itu."

Bahar bin Smith sudah dilaporkan ke polisi karena ceramahnya dianggap berisi ujaran kebencian dan hinaan kepada Jokowi. Polisi berjanji menyelidiki laporan tersebut dan Bahar berpotensi jadi tersangka jika penyidik memiliki minimal dua alat bukti pelanggaran.

Isi ceramah yang dinilai menghina Jokowi diduga disampaikan Bahar bin Smith saat perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Batu Ceper, Tangerang, pada 17 November 2018.

Habib Bahar bin Smith (Istimewa)

Jazilul mengritik cara berdakwah Habib Bahar bin Smith karena dinilai tak sesuai dengan asas Islam. Dakwah, menurutnya, harus disampaikan dengan baik, bukan dengan caci maki atau hinaan.

"Dakwah itu dengan cara yang baik. Berdakwah dengan cara begitu, itu juga tidak menggunakan asas yang ada di Islam," ujarnya.

(Baca juga: Habib Bahar bin Smith Berpeluang Jadi Tersangka)

Habib Bahar bin Smith sendiri mengaku siap menghadapi proses hukum dan menolak meminta maaf atas dugaan menghina Jokowi. "Kalian yang melaporkan saya, kalau itu kesalahan, maka demi Allah saya tidak akan pernah minta maaf," kata Habib Bahar di Monas, Minggu 2 Desember 2018.

(Baca juga: Habib Bahar Smith Dilaporkan ke Bareskrim karena Dianggap Hina Jokowi)

"Saya lebih memilih busuk di dalam penjara, Allahuakbar. Kalau saya ditangkap, berjanjilah, jangan pernah kalian padamkan api perjuangan. Siap teruskan perjuangan? Siap teruskan perjuangan? Allahuakbar," tegasnya.

 

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini