nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Penurunan Tanah, Anies Ingin Ada 1,8 Juta Lubang Drainase Vertikal

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 05 Desember 2018 08:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 05 338 1986980 cegah-penurunan-tanah-anies-ingin-ada-1-8-juta-lubang-drainase-vertikal-k0yq7tJU3L.jpg Gubernur DKI Anies Baswedan

JAKARTA - Mencegah terus terjadinya penurunan muka tanah di beberapa wilayah Ibu Kota, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan membangun secara masif drainase vertikal atau sumur resapan. Ditargetkan 1,8 juta lubang tersebar di lima wilayah administrasi DKI Jakarta.

"Dengan dibangun 1,8 juta lubang itu, maka setiap lokasi, setiap rumah, setiap gedung itu harus penuh lubang untuk menurunkan air ke bawah,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan di Jakarta, Selasa 4 Desember 2018.

Anies meninjau tanah amblas di Jakarta Utara beberapa waktu lalu

(Baca Juga: Peneliti: Permukaan Tanah Jakut Turun 11 Cm per Tahun)

Menurut dia, ada pengelolaan yang salah dalam memanfaatkan guyuran air hujan. Seharusnya air itu tidak langsung dibuang ke laut, tapi harus dimasukkan ke dalam tanah terlebih dahulu.

"Sekarang air hujan malah hampir mayoritas dikirim ke sungai. Itu sebabnya tanah kita makin turun, makin hari makin turun dan itu yang harus dihentikan dengan cara drainase vertikal,” imbuh dia.

Anies mengaku pihaknya sudah menguji coba pemanfaatan drainase vertikal di Pondok Labu. Ia mengklaim uji coba penyerapan air hujan itu berjalan sesuai dengan yang direncanakan

“Tempat (drainase vertikal) di Pondok Labu. Di tempat itu lapangan tapi tak pernah air surut, padahal lapangan. Biasanya kita mengasumsikan kalau ruang terbuka hijau air pasti menyerap. Tapi di tempat itu ruang terbuka hijau dan airnya tak menyerap,” tandasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini