nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TKN Optimis Polisi Profesional Tangani Kasus Habib Bahar

Muhamad Rizky, Jurnalis · Kamis 06 Desember 2018 11:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 06 337 1987518 tkn-optimis-polisi-profesional-tangani-kasus-habib-bahar-roKBIkeaLr.jpg Juru Bicara TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, Ace Hasan Syadzily. (Foto : Bayu Septianto/Okezone)

JAKARTA – Ucapan Habib Bahar bin Smith yang menyebut Presiden Joko Widodo seorang banci menimbulkan kekecewaan sejumlah pihak, tak terkecuali Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf Amin.

Kasus itu kini ditangani pihak kepolisian dan telah ditingkatkan dari penyelidikan ke penyidikan. Sejumlah saksi pun telah diperiksa untuk menyelesaikan kasus tersebut.

Terkait itu, Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Ace Hasan Syadzily menyerahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian untuk menanganinya sesuai dengan prosedur yang berlaku.

"Kita serahkan kepada penegak hukum untuk bekerja secara profesional," kata Ace saat dihubungi Okezone, Kamis (6/12/2018).

Habib Muhammad Bahar bin Smith (Ist)

Sebelumnya, penyidik Bareskrim Polri bersama Polda Sumatera Selatan telah memeriksa 11 orang saksi terkait kasus dugaan ujaran kebencian dan penghinaan terhadap Presiden Joko Widodo oleh Habib Bahar.

Selain itu, penyidik telah memeriksa empat orang saksi ahli dari unsur bahasa, hate speech, pidana, dan Labfor. Total, sebanyak 15 orang telah diperiksa sebagai saksi oleh kepolisian.

"Bahwa telah melakukan pemeriksaan BAP Saksi sebanyak 11 orang oleh penyidik Bareskrim dan Polda Sumatera Selatan," ujar Kepala Bagian Penerangan Umum Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Kombes Syahar Diantono, Senin (3/11/2/2018).

(Baca Juga : Hari Ini, Habib Bahar Diperiksa Polisi Terkait Ceramah Presiden Jokowi "Banci")

Syahar mengatakan, dari hasil penyelidikan sementara, penyidik telah menyita 8 barang bukti yang terkait peristiwa tersebut guna kepentingan penyidikan.

"Bahwa benar telah dilaksanakan acara penutupan Maulid Arba’in pada tanggal 8 Januari 2017 di Gedung Ba’alawi, Jalan Ali Ghatmir Lorong Sei Bayas, RT 18 RW 02 Kelurahan 10 Ilir, Kecamata Ilir Timur 3, Palembang yang dihadiri kurang lebih 1000 orang, dengan penceramah saudara. Habib Bahar Bin Smith," ungkapnya.

(Baca Juga : Habib Bahar Pastikan Siap Diperiksa Polisi Dalam Kasus Ujaran Kebencian)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini