nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Gali Keterangan Habib Bahar soal Ceramahnya yang Sebut Jokowi Banci

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Kamis 06 Desember 2018 12:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 06 337 1987576 polisi-gali-keterangan-habib-bahar-soal-ceramahnya-yang-sebut-jokowi-banci-WkJQPalRey.jpg Habib Muhammad Bahar bin Smith penuhi panggilan penyidik Bareskrim Polri (Foto: Heru Haryono/Okezone)

JAKARTA - Penyidik Bareskrim Mabes Polri akan mengorek keterangan dari pendiri Majelis Pembela Rasulullah, Habib Muhammad Bahar bin Smith soal materi ceramahnya yang dinilai kontroversial saat acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Tangerang beberapa waktu lalu.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo menjelaskan, penyidik akan fokus mendalami isi ceramah Habib Bahar yang menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai 'banci'.

"Ya betul, kira-kira seperti itu (ditanya seputar materi ceramah-red)," ujar Dedi kepada Okezone di Jakarta, Kamis (6/12/2018).

(Baca juga: Tiba di Bareskrim Polri, Habib Bahar Gunakan Kacamata Hitam dan Bungkam)

Bahar bin Smith

Kendati begitu, Dedi masih enggan membeberkan detail ihwal materi pemeriksaan terhadap pria berusia 33 tahun itu. Sebab, materi pertanyaan merupakan kewenangan penuh dari penyidik untuk merangkai satu konstruksi perkara. "Kalau teknis penyidik," singkatnya.

Mubaligh muda, Habib Muhammad Bahar bin Smith tiba di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Pusat pada pukul 11.27 WIB untuk menjalani pemeriksaan. Mengenakan jubah dan peci putih serta sorban lengkap dengan kacamata hitam, penceramah asal Minahasa, Sulawesi Utara itu lebih memilih bungkam saat dicecar berbagai pertanyaan oleh awak media.

(Baca juga: 54 Pengacara Dampingi Pemeriksaan Habib Bahar)

Bahar bin Smith

Ia langsung digiring oleh sejumlah penyidik Bareskrim untuk masuk ke ruang pemeriksaan. Pemeriksaan ini merupakan proses lanjutan dari pelaporan Jokowi Mania (Joman) terkait ceramah Habib Bahar lantaran dianggap menyebarkan ujaran kebencian terhadap penguasa. Adapun status perkara dari Habib Bahar sendiri statusnya sudah ditingkatkan ke level penyidikan. Polisi juga telah memeriksa 11 orang saksi dan empat ahli terkait kasus ini.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini