nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kapolri Beberkan Alasan Polda DIY Naik Kelas Jadi Tipe A

Kuntadi, Jurnalis · Jum'at 07 Desember 2018 14:48 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 07 510 1988141 kapolri-beberkan-alasan-polda-diy-naik-kelas-jadi-tipe-a-WY7TBVSHVV.jpg Kapolri Jenderal Tito Karnavian (foto: Reuters)

SLEMAN – Kepolisian Daerah (Polda) DIY resmi naik tingkat dari tipe B menjadi ke tipe A. Keputusan ini tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Kapolri Nomor 1796/XI/2018 tertanggal 17 November.

Secara simbolis pengukuhan kenaikan tipe ini dilakukan oleh Kapolri Jenderal Tito Karnaviandi Mapolda DIY dengan memukul kentongan bersama dengan tokoh masyarakat Ahmad Syafii Maarif, pada Jumat (7/12/2018).

(Baca Juga: Polda Banten dan DIY Naik Kelas Jadi Tipe A) 

Menurut Tito, kenaikan tipe ini, tidak lepas dari dinamika pembangunan di wilayah DIY yang cukup pesat. Hal ini menjadikan tantangan yang dihadapi juga meningkat. Begitu juga dengan mobilitas penduduk sangat tinggi. Pertimbangan lain, DIY akan memiliki bandara baru (New Yogyakarta International Airport/NYIA).

Tawa dan Salam Kapolri Tito Karnavian dalam Wawancara Khusus Kapolri Jenderal Tito Karnavian (foto: Reuters) 

Yogyakarta juga menjadi salah satu pusat wisata selain Pulau Bali yang dikenal di internasional. Banyak turis mancanegara maupun domestik yang selalu membanjiri Yogyakarta setiap liburan.

Kondisi ini tidak lepas dari banyaknya akses penerbangan langsung dari dan ke sejumlah kota di Indonesia. Bahkan dalam sehari bisa bolak-balik ke Yogyakarta untuk kembali ke kampung halaman.

”Yogyakarta merupakan kota pelajar, dan banyak perguruan tinggi terkenal ada di Yogyakarta,” terangnya.

Saat ini zaman juga sudah berubah, dengan masyarakat Yogyakarta semakin majemuk. Berbagai suku bangsa, agama, maupun ras ada di Yogyakarta. Aksi demonstrasi semakin bervariasi, dengan kejahatan jalanan juga meningkat. Kemacetan menjadi salah satu pemandangan setiap hari dengan rawan dan banyaknya permasalahan gangguan keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang terus meningkat.

“Untuk itulah perlu diimbangi dengan mekanisme penanganan yang lebih baik dalam menciptakan kamtibmas yang diperkuat menjadi tipe A ini,” urai Jenderal Polisi Bintang Empat tersebut.

(Baca Juga: Polda Banten Resmi Naik Jadi Tipe A, Ini Harapan Kapolri) 

Sementara Kapolda DIY Brigjen Ahmad Dofiri menegaskan, pihaknya sudah memiliki cetak biru dan rencana kerja untuk membuktikan bahwa Polda DIY memang layak naik tingkat.

“Semua menjadi perhatian kami. Kamtibmas dan kemacetan semua prioritas,” pungkas Dofiri.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini