nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berhasil Diidentifikasi, TNI Pastikan 1 Jenazah Korban KKB Adalah Juru Masak Istaka Karya

Saldi Hermanto, Jurnalis · Senin 10 Desember 2018 16:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 10 340 1989269 berhasil-diidentifikasi-tni-pastikan-1-jenazah-korban-kkb-adalah-juru-masak-istaka-karya-UCfa9ZschC.jpg Jenazah Mathius Palinggi disemayamkan di aula Makodim 1702/Jayawijaya. (Foto : Ist)

TIMIKA – Satu jenazah terakhir yang ditemukan pasukan gabungan TNI-Polri pada Minggu, 9 Desember 2018 di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua, dipastikan merupakan juru masak PT Istaka Karya yang bernama Mathius Palinggi.

Sebelumnya, PT Istaka Karya mendata dan menyebut Mathius Palinggi merupakan korban selamat dan telah dievakuasi dari Nduga ke Wamena kemudian lanjut dievakuasi ke Timika, Kabupaten Mimika, Papua. Namun, terjadi kekeliruan, di mana data korban selamat yang dimaksud itu adalah Simon Tandi, bukan Mathius Palinggi.

"Setelah diverifikasi ulang berkali-kali, terjadi kesalahan pencatatan nama oleh PT Istaka saat evakuasi korban selamat. Korban selamat yang awalnya terdata atas nama Matius Palinggi ternyata adalah Simon Tandi," kata Wakapendam XVII/Cenderawasih, Letkol Inf Dax Sianturi dalam keterangan tertulis yang diterima Okezone di Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Senin (10/12/2018).

Jenazah almarhum Mathius Palinggi yang saat ini berhasil diidentifikasi disemayamkan di Makodim 1702/Jayawijaya dan akan diberangkatkan dari Wamena menuju Jayapura. Selanjutnya dari Jayapura diberangkatkan lagi ke kampung halamannya di Toraja, Sulawesi Selatan.

"Jenazah almarhum Mathius Palinggi direncanakan dimakamkan di kampung halaman Toraja. Direncanakan besok pagi (Selasa 11/12/2018) setelah ibadah duka jenazah akan diterbangkan menuju Jayapura untuk selanjutnya diterbangkan menuju Makassar," katanya.

(Baca Juga : TNI-Polri Temukan Tiga Pekerja Korban KKB di Papua dalam Kondisi Selamat)

Jenazah Mathius Palinggi ditemukan pasukan gabungan TNI-Polri, pada Minggu (9/12/2018) saat melakukan pencarian korban lainnya di lereng Bukit Kabo, Distrik Yigi, pascapembantaian pekerja PT Istaka Karya. Kondisi jenazah sangat mengenaskan karena mengalami sejumlah luka akibat benda tajam di sekujur tubuhnya.

(Baca Juga : Polisi Pastikan Tak Ada Operasi Militer di Nduga Papua)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini