nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Autopsi Korban KBB Papua, Ditemukan Luka Tembak dan Bacok

Chanry Andrew S, Jurnalis · Senin 10 Desember 2018 17:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 10 340 1989318 autopsi-korban-kbb-papua-ditemukan-luka-tembak-dan-bacok-OBHmLA7seF.jpg Evakuasi korban KKB Papua. (Foto: Okezone)

WAMENA – Hasil autopsi yang dilakukan Tim DVI Biddokkes Polda Papua terhadap satu jenazah korban kebiadaban kelompok kriminal bersenjata (KKB), yakni Martinus Palinggi, ditemukan sejumlah luka bacok dan luka tembak di beberapa alat vital serta tubuh korban.

Kabiddokes Polda Papua Kombes dr Ramon Amiman kepada wartawan di Wamena mengungkapkan, satu jenazah yang berhasil dievakuasi dari Mbua telah berhasil diidentifikasi.

"Setidaknya ada dua alat bukti yang kita gunakan. Di mana identitasnya Matius Palinggi," ungkap Ramon kepada wartawan saat ditemui di RSUD Wamena, Senin (10/12/2018).

(Baca juga: Berhasil Diidentifikasi, TNI Pastikan 1 Jenazah Korban KKB Adalah Juru Masak Istaka Karya)

Sementara Tim Ahli Forensik Mabes Polri, DR dr Sumi Astri, menyebut ada sejumlah luka bacok dan luka tembak di sekujur tubuh korban.

"Memang kondisi fisik sudah mulai membusuk, tetapi karena cuaca di lokasi kejadian, kita masih bisa identifikasi. Kita tidak bisa memberikan informasi secara detail mengenai kondisi fisik korban. Hal itu tidak etis kita sebutkan di media," ungkap Sumi.

Evakuasi korban KKB Papua. (Foto: Kodam Cenderawasih)

Seperti diberitakan sebelumnya, kelompok kriminal bersenjata yang beroperasi di wilayah Kabupaten Nduga, Papua, di bawah pimpinan Egianus Kogoya, melalukan teror terhadap pekerja jembatan Jalan Trans-Papua yang berada di Kali Yigi-Kali Aurak, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga.

(Baca juga: Polisi Pastikan Tak Ada Operasi Militer di Nduga Papua)

Dalam teror itu petugas kepolisian kembali menemukan korban tewas, yakni Matius Palinggi. Jadi total ada 16 karyawan PT Istaka Karya dan 1 pegawai PUPR meninggal dunia serta 5 orang lainnya masih belum diketahui kondisinya.

Sementara di Distrik Mbua, kelompok KKB Papua melakukan penyerangan terhadap pos TNI di sana. Satu prajurit meninggal dunia dan 1 anggota luka-luka.

Dalam proses evakuasi, kelompok ini juga melakukan penembakan terhadap aparat. Dua anggota terluka akibat tembakan itu.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini