nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KM Star 58 Bermuatan Ikan Hilang Kontak, Tim SAR Tanjungpinang Sisir Perairan Bintan

Muhammad Bunga Ashab, Jurnalis · Jum'at 21 Desember 2018 19:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 21 340 1994541 km-star-58-bermuatan-ikan-hilang-kontak-tim-sar-tanjungpinang-sisir-perairan-bintan-C5kTyuF6Y2.jpg (Foto: Bunga Ashab/Okezone)

TANJUNGPINANG - Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang menerjunkan KN Bhisma untuk mencari kapal ikan KM Star 58 ukuran 30 gross tonnage (GT) yang dilaporkan hilang. KM Star 58 bersama nahkoda dan dua anak buah kapal (ABK) belum diketahui keberadaanya saat berlayar menuju Tanjungpinang. Dalam pencariannya, Tim SAR menyisiri sekitar perairan Bintan.

Kepala Seksi Operasi Siaga Eko Suprianto membenarkan adanya kapal ikan yang dilaporkan hilang saat berlayar. Dia menagatakan, KM Star 58 dilaporkan hilang kontak oleh agen kapal sejak Kamis (20/12). Sebab, kapal dijadwalkan tiba di Tanjungpinang pada Selasa (18/12) dari Pelabuhan Keramot Letung, Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau (Kepri). Namun, sampai sekarang belum juga sampai di Tanjungpinang.

"Estimasi seharusnya tiba hari Rabu, ternyata belum sampai hingga agen melaporkan ke kita telah terjadi lost contact. Kapal tidak ada komunikasi lagi dengan agen," kata Eko di Tanjungpinang, Jumat (21/12/2018).

Foto: M Bunga Ashab/Okezone

Eko menyampaikan, dikarenakan posisi kapal tidak diketahui, langkah yang diambil adalah melaksanakan koordinasi. Selanjutnya KN Bhisma langsung bergerak melaksankan pencarian dan penyisiran mengikuti perjalanan kapal. Pencarian dilakukam sampai ke Pulau Merapas, Mapur dan Numbing, Kabupaten Bintan, Kepri.

(Baca juga: KM Multi Prima 1 Tenggelam di Selat Bali, 7 Penumpang Hilang)

"Kita menyisiri perairan dekat pulau-pulau yang ada Bintan untuk mencari kapal tersebut," ujarnya.

Sepanjang penyisiran, kata Eko, Tim SAR menayakan kepada para nelayan yang melintas apakah melihat kapal atau tanda-tanda muatan kapal berserakan di laut. Namun, para nelayan yang ditemui tidak melihat ciri-ciri kapal yang dicari.

"Kita sudah tanyakan para nelayan sekitar, tapi belum ada yang lihat. Untuk sementara pencarian masih nihil," ujarnya.

Dikatakannya, unsur yang ikut di KN Bhisma Basarnas Tanjungpinang adalah dua personel dari Direktorat Polair Polda Kepri.

Eko mengimbau kepada nelayan atau masyarakat yang mengetahui keberadaan kapal agar segera melaporkannya kepada pihak terkait.

"Kita juga dibantu pihak Ditpolair Polda Kepri. Kalau ada informasi terbaru akan kita sampaikan nanti," tutup Eko.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini