nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Cara Polwan Pulihkan Trauma Anak-Anak Korban Tsunami Banten

Rasyid Ridho , Jurnalis · Kamis 27 Desember 2018 00:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 26 340 1996364 begini-cara-polwan-pulihkan-trauma-anak-anak-korban-tsunami-banten-zklb84WxUg.JPG Sejumlah polwan dari Polda Banten hibur anak-anak korban tsunami (Foto: Rasyid Ridho/Okezone)

PANDEGLANG - Kesedihan dan trauma masih tampak di raut wajah para anak korban bencana tsunami di wilayah Banten. Terutama mereka yang terdampak paling parah yaitu di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang dan Anyer, Kabupaten Serang.

Untuk membantu anak-anak mengatasi trauma, Polda Banten mengerahkan sejumlah polisi wanita (polwan) di sejumlah titik pengungsian.

Para polwan ini bertugas menghibur anak-anak korban tsunami baik yang kehilangan orangtua, maupun sanak keluarganya. Anggota Bhayangkari ini dengan antusias mengajak anak-anak tersebut bernyanyi bersmaa untuk mengusir duka lara yang beberapa hari terakhir dirasakan.

"Setiap orang yang mengalami peristiwa tertentu, terutama anak-anak pasti mengalami trauma. Saya melihat langsung di rumah sakit anak yang kehilangan orangtuanya dan sanak saudaranya," ujar Ketua Bhayangkari Polda Banten, Niken Tomsi Tohir, Rabu (26/12/2018).

Korban Tsunami

Untuk mengobati trauma tersebut, para polwan ini mengajak anak-anak korban tsunami ini bermain bersama. "Artinya (untuk) membuat hati mereka itu kembali gembira melupakan kejadian yang sudah dialaminya," papar Niken.

Ia pun berharap, dengan kegiatan trauma healing ini dapat membantu mengembalikan keceriaan anak-anak korban tsunami yang sudah menewaskan ratusan jiwa manusia itu.

"Semoga dengan adanya kegiatan ini kesedihan mereka berangsur pulih," pungkasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini