Logistik Pemilu di Pangandaran Rentan Digerogoti Tikus

Syamsul Maarif, Jurnalis · Kamis 27 Desember 2018 14:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 27 606 1996637 logistik-pemilu-di-pangandaran-rentan-digerogoti-tikus-vA9pofbER9.jpg Gudang logistik Pemilu 2019 di Pangandaran (Foto: Syamsul Maarif)

PANGANDARAN - Gudang penyimpanan logistik Pemilu 2019 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangandaran, selain tidak representatif serta tidak memenuhi standar operasional prosedur (SOP).

Kepala Sub Bagian Umum KPU Pangandaran Imam Mustofa Kamal mengatakan, penyimpanan logistik Pemilu telah diatur dalam Surat Edaran KPU RI yang dikeluarkan 14 Agustus 2018.

(Baca Juga: Kapolri Prediksi Pelaksanaan Pileg di Jawa Barat Akan Memanas)

Gudang logistik Pemilu

Surat tersebut ber nomor 1256/PP.10.5.-SD/07SJ/VIII/2018 Perihal Pemeliharaan dan Inventarisasi Logistik Pemilu Tahun 2019.

"Dalam surat tersebut tertera untuk anggaran sewa gudang sudah teralokasikan pada DIPA masing-masing KPU Kabupaten/Kota," kata Imam, Kamis (27/12/2018).

Imam menambahkan, dalam SOP tersebut ada pemeliharaan yang harus dilakukan di antaranya memiliki prinsip 5R, yaitu ringkas, rapi, resik, rawat dan rajin. "Untuk sirkulasi udara gudang penyimpanan logistik juga diatur barang harus disusun di atas pallet secara rapi," tambahnya.

Gudang logistik Pemilu 

Logistik yang disimpan harus terhindar dari hama seperti tikus, kecoa juga aman dari bencana. Sementara gudang penyimpanan logistik Pemilu saat ini masih rentan masuk tikus sehingga rawan menggerogoti logistik.

"Lokasi gudang logistik juga seharusnya dikelilingi pagar keliling dan dijaga petugas keamanan," papar Imam.

(Baca Juga: Japto: Setop Menjelekkan-jelekkan Pemerintah)

Gudang logistik Pemilu

Saat ini, penyimpanan logistik Pemilu 2019 di Kabupaten Pangandaran tersimpan di dua gudang yang disewa pihak KPU.

"Kondisi gudang penyimpanan logistik Pemilu saat ini jika terjadi hujan besar rentan masuk air. Bahkan, tidak menutup kemungkinan terjadi banjir," ujar Imam.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini