nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Meninggal Usai Umrah, Paman Jokowi Alami Sesak Napas saat Hendak Naik Pesawat di Jeddah

Bramantyo, Jurnalis · Kamis 03 Januari 2019 16:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 03 512 1999508 meninggal-usai-umrah-paman-jokowi-alami-sesak-napas-saat-naik-pesawat-di-jeddah-n7r74yNPJ1.jpg Suasana Rumah Duka Mulyono Herlambang, Paman Presiden Jokowi di Sukoharjo, Jawa Tengah (foto: Bramantyo/Okezone)

SUKOHARJO - Mulyono Herlambang (66) Paman dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninggal di Tanah Suci, setelah menyelesaikan ibadah umrah. Mulyono sendiri merupakan adik dari ayah Presiden Jokowi, Notomiharjo.

Agus Sutanto, salah satu kerabat menceritakan pihak keluarga tak memiliki firasat apapun akan kepergian Mulyono untuk selama-lamanya saat berangkat umrah, pada Senin 24 Desember 2018.

Rumah duka paman Jokowi Foto: Bramantyo	Suasana di Rumah Duka Mulyono Herlambang, Paman Jokowi di Sukoharjo, Jawa Tengah (Foto: Bramantyo/Okezone)

"Beliau berangkat umrah bersama istri, anak, menantu dan cucu, ada tujuh orang termasuk beliau yang berangkat umrah," papar Agus Sutanto yang mengaku sudah lama ikut almarhum kepada Okezone, Kamis (3/1/2019).

Karena tak ada firasat apapun, rombongan ini pun setibanya di Tanah Suci dan memulai rangkaian ibadah umrah. Hingga pelaksanaan ibadah umrah pun selesai dilakukan, almarhum masih terlihat sehat.

(Baca Juga: Paman Jokowi Meninggal di Jeddah Usai Umrah, Diterbangkan ke Tanah Air Malam Ini) 

Namun takdir berbicara lain. Saat hendak naik ke pesawat yang akan membawa rombongan kembali ke Tanah Air, Selasa 1 Januari 2019 sekira pukul 10.00 waktu Jeddah atau sekira pukul 04.00 WIB, tiba-tiba, almarhum mengeluh sulit untuk bernapas.

"Sesaat mau naik pesawat pulang ke Indonesia, beliau (Mulyono) mengalami sesak napas," katanya.

Melihat kondisi tersebut, almarhum di bawa ke klinik untuk mendapatkan perawatan. Sedangkan rombongan lainnya tetap melanjutkan penerbangannya ke Indonesia.

"Saat dibawa ke klinik, Pak Mulyono ditemani menantunya, Muhammad Haris. Sementara, yang lain tetap sesuai jadwal terbang pulang ke Indonesia," terangnya.

Hingga akhirnya, pihak keluarga mendapatkan kabar bila Mulyono meninggal dunia. Menurut Agus, meski almarhum Paman dari orang nomor satu di Indonesia, tapi untuk membawa jenazah kembali ke Tanah Air, ada sejumlah prosedur Arab Saudi yang harus dipatuhi. Sehingga jenazah baru tiba di Indonesia, pada Jumat 4 Januari 2019.

"Setelah semua prosedur telah dilengkapi, dari jadwal yang diterima pihak keluarga, almarhum akan diterbangkan Kamis (hari ini) sekira pukul 20.50 waktu Jeddah langsung ke Bandara Adi Soemarmo," paparnya.

Suasana di rumah duka Mulyono Herlambang, paman Jokowi di Sukoharjo, Jawa Tengah (Foto: Bramantyo)Suasana di Rumah Duka Mulyono Herlambang, Paman Jokowi di Sukoharjo, Jawa Tengah (Foto: Bramantyo/Okezone) 

Sedangkan untuk prosesi pemakamannya akan dilakukan pada Jumat 4 Januari 2019 sekira pukul 17.00 WIB di pemakaman umum Jogoboyo, Kampung Larangan RT 01/ RW 01, Kelurahan Gayam, yang hanya berjarak 100 meter dari dari rumah duka.

"Saya belum tahu apakah Pak Jokowi akan datang melayat ke sini. Pak Mulyono itu punya anak dua, yang sulung Kolonel ARM Putranto Gatot berdinas di Kodam IV Diponegoro dengan jabatan Asrendam. Sedangkan anak satunya bernama Niajeng Sulistiyowati Mayasari. Almarhum memiliki lima cucu dari pernikahan kedua anaknya," pungkasnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini