nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Paus Tuntut Uskup AS Bersatu Atasi Skandal Pelecehan Seks

Jum'at 04 Januari 2019 19:51 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 04 18 2000130

TAHTA SUCI VATIKAN - Paus Fransiskus memperingatkan para uskup Katolik Amerika bahwa mereka perlu menghadirkan persatuan jika mereka ingin memulihkan kredibilitas gereja setelah krisis pelecehan seksual yang meluas. 

Teguran itu disampaikan dalam surat bertanggal 1 Januari 2019 kepada uskup-uskup Amerika yang sedang berkonferensi selama satu minggu di Chicago, beberapa pekan sebelum para uskup dari seluruh dunia bertemu di Vatikan.

Korban-korban pelecehan seksual menyambut baik pertemuan yang diminta paus itu, berharap pertemuan itu akan menghasilkan kebijakan yang berlaku untuk seluruh gereja supaya pejabat senior gereja tidak salah dalam menangani kasus-kasus pada masa depan.

(Baca Juga: Para Korban Minta Paus Tindak Tegas Pelaku Pelecehan Seks di Gereja Katolik

Fransiskus mengatakan dalam surat yang dirilis hari Kamis, para uskup perlu mengambil "pendekatan baru dan tegas untuk menyelesaikan konflik" dan bukannya berfokus "lebih pada menuding daripada mencari jalan rekonsiliasi," seperti yang telah mereka lakukan pada masa lalu. Skandal pelecehan seks mengguncang Gereja Katolik Amerika dalam setahun terakhir.

(Baca Juga: Pelaku Perkosaan di Irlandia Dibebaskan Setelah Pengacara Tunjukkan Celana Dalam Korban)

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini