nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kebakaran Hutan di Rokan Hilir Riau Belum Tertangani, 40 Hektare Hangus

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Minggu 06 Januari 2019 01:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 06 340 2000493 kebakaran-hutan-di-rokan-hilir-riau-belum-tertangani-40-hektare-hangus-cORzGKTept.jpg Petugas sedang memadamkan api yang membakar hutan di Rokan Hilir, Riau. Foto/Okezone

PEKANBARU - Hingga saat ini kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau masih terus terjadi. Sedikitnya 40 hektare hutan dan lahan di daerah pesisir Riau itu hangus.

Kebakaran di Rohil terjadi Desa Mamugo, Kecamatan Tanah Putih. Lahan yang terbakar merupakan areal semak belukar dan sebagian ada kebun kelapa sawit. Pada awal kebakaran kebakaran hanya 10 hektere. Namun kebakaran terus meluas dan hingga mencapai 40 hektare.

"Kebakaran terjadi di titik kordinat 01°40'40", 101°23'39. Upaya pemadaman masih terus dilakukan," ucap Kepala Bidang Kedaruratan (BPBD) Riau, Jim Gapur Sabtu (5/1/2019).

Petugas mengerahkan tiga mobil kebakaran dan empat unit sepeda motor. Petugas juga dilengkapi dengan pompa air.

Angin kencang dan sulitnya air masih menjadi kendala petugas memadamkan api.

Jim Gapur menegaskan bahwa areal yang terbakar merupakan daerah yang berbatasan dengan Kota Dumai. Untuk penanggulagan kebakaran tim bekerjasama dengan BPBD Dumai.

"Petugas yang melakukan pemadaman ada 10 orang," imbuhnya.

Pemprov Riau rencananya akan menetapkan status siaga darurat kebakaran. Ini dimaksudkan agar penanggulangan kebakaran lebih terpadu.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini