nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Makam Dibongkar karena Caleg, Sosiolog: Beda Pilihan Tak Perlu Rusak Persaudaraan

Fadel Prayoga, Jurnalis · Sabtu 12 Januari 2019 21:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 12 337 2003635 makam-dibongkar-karena-caleg-sosiolog-beda-pilihan-tak-perlu-rusak-persaudaraan-aIexWd9KQA.jpg Pembongkaran makam di Gorontalo (Foto: Jufri Tonapa)

JAKARTA - Sosiolog Universitas Nasional (Unas), Sigit Rochadi menilai ada persoalan lain di balik pembongkaran dua makam di Bone Bolango, Gorontalo. Sebab, bila hanya karena perbedaan politik tidak akan seperti itu. 

"Itu pasti ada persoalan lain. Mungkin yang mengemuka karena pilihan politik," kata Sigit kepada Okezone, Sabtu (12/1/2019).

Menurut dia, banyak perbedaan politik antar suami-istri tapi mereka tetap hidup rukun. Sebab, perbedaan politik itu tak berdampak langsung terhadap kehidupan bermasyarakat.

"Banyak suami istri tidak pilihan politik, tapi tidak kenapa-kenapa. Karena pilihan politik itu tidak berdampak langsung ke hidup mereka," ujarnya.

keluarga makam dibongkar

(Baca Juga: Makam Dibongkar karena Beda Pilihan Caleg, Ini Pengakuan Keluarga)

Lebih lanjut, ia mengimbau, kepada seluruh masyarakat Indonesia agar tak menjadikan perbedaan sikap politik merusak persaudaraan yang berujung perpecahan. "Ya, pilihan politik yang berbeda itu jangan membuat perpecahan," kata dia.

Seperti diketahui, dua makam di Bone Bolango, Gorontalo dibongkar. Penyebabnya hanya karena beda pilihan di Pemilihan Calon Legislatif DPRD Kabupaten Bone Bolango dengan pemilik lahan pemakaman.

(Baca Juga: Aksi Bongkar Makam karena Beda Pilihan Caleg di Gorontalo Menuai Keprihatinan Publik)

pembongkaran makam

Pengakuan keluarga dari almarhum Masri Dunggio dan Siti Aisyah Hamsah, pemilik tanah yang notabene adik ipar dari Caleg DPRD Bone Bolango yang diusung Nasdem Iriani Manoarfa, marah. Mereka meminta makam dipindahkan karena keluarga almarhum memilih mendukung caleg partai lain.

"Ini jelas persoalan pencalonan, Awano yang adalah kakak ipar dari Iriani Manoarfa (Nani) caleg dari Partai Nasdem, melontarkan kata-kata berulang-ulang, jika kamu tidak pilih Iriani maka pindahkan kuburan itu, sampai puncaknya memaki kakak saya dan jalan ke rumah kakak saya ditutup sebagian," ujar Sudin, keluarga almarhum, hari ini.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini