nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tangkap 2 Pengedar Uang Palsu, Polisi Sita Rp500 Juta

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Sabtu 12 Januari 2019 01:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 12 340 2003394 tangkap-2-pengedar-uang-palsu-polisi-sita-rp500-juta-EVKf6yn79o.jpg Polisi sita uang palsu. (Ist)

PEKANBARU – Pihak Polres Dumai, Riau, membongkar jaringan pengedar uang palsu (upal). Dalam pengungkapan ini, polisi menyita uang palsu dengan nominal lebih dari Rp500 juta.

Uang palsu dalam jumlah besar itu diamankan dari dua orang. Mereka adalah MF (28) dan RW (34).

Kapolres Kota Dumai, AKBP Restika Pardamean Nainggolan mengatakan, kedua tersangka melakukan peredaran uang palsu di dua daerah yakni Dumai Kabupaten Bengkalis.

"Mereka melakukan membuat uang palsu di usaha percetakan. Uang palsu yang disita adalah pecahan Rp100 ribu," ucap Restika, Jumat (11/1/2019).

Restika menjelaskan awal pengungkapan ini setelah mendapat laporan warga kalau MF sering mengedarkan uang palsu.

MF diamankan pihak kepolisian saat berada di rumah mertuanya di Jalan Siliwangi Kelurahan Tanjung Palas, Dumai. Dari tangan MF disita uang palsu Rp27 juta.

Ilustrasi

Dari keterangan MF, uang palsu yang ada padanya diperoleh dari RW yang ada di Kabupaten Bengkalis, Riau. Polisi kemudian melakukan pengembangan ke Bengkalis.

"RW kita amankan di wilayah Bantan. Dari tangannya kita sita barang bukti uang palsu Rp479 juta," imbuh Restika.

(Baca Juga : PNS Ini Beli Uang Palsu untuk Bayar Utang)

Uang palsu dalam jumlah besar itu disimpan tersangka di dalam kaleng. Pihak kepolisian juga akan melakukan kordinasi dengan Bank Indonesia di Pekanbaru.

"Kita saat ini mencari daerah percetakan uang palsu. Kita kordinasi dengan BI untuk menentukan siapa tersangka baru," tuturnya.

(Baca Juga : Polisi Bekuk Pembuat Uang Palsu untuk Beli Narkoba di Bogor)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini