nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa 5,5 SR Guncang Bengkulu, Tak Berpotensi Tsunami

Demon Fajri, Jurnalis · Sabtu 12 Januari 2019 02:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 12 340 2003424 gempa-5-5-sr-guncang-bengkulu-tak-berpotensi-tsunami-j85xNxSN1w.jpg ilustrasi (Shutterstock)

BENGKULU – Gempa berkekuatan 5,5 skala Richter (SR) mengguncang wilayah Bengkulu, Sabtu (12/1/2019). Gempa itu terjadi sekira pukul 02.05 WIB. Gempa itu dirasakan di Kabupaten Bengkulu Utara, Lebong, Mukomuko, Kota Bengkulu, Kepahiang, dan Bengkulu Selatan.

Berdasarkan hasil analisis BMKG, gempa berkekuatan 5,5 SR tersebut terjadi dengan koordinat episenter pada 3.37 Lintang Selatan (LS) dan 101.29 Bujur Timur (BT) atau tepatnya berlokasi 77 kilometer (KM) Barat Daya, Kabupaten Bengkulu Utara, pada kedalaman 10 km.

Getaran gempa yang tejadi pada dini hari ini dirasakan cukup kencang di enam daerah di Bengkulu. Meskipun demikian, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Gempa dirasakan III-IV MMI di wilayah Bengkulu Utara, Lebong, Mukomuko. Sementara, getaran gempa di Kota Bengkulu, III MMI, II MMI di Kepahiang dan Bengkulu Selatan.

PMG Pelaksana Lanjutan, Stasiun Geofisika Kepahiang, Bengkulu, Mahdi Kokab Zawawi mengatakan, jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal, akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia tepatnya di zona Megathrust yang merupakan zona subduksi lempeng yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera.

''Gempa tidak berpotensi tsunami,'' kata Mahdi, ketika dikonfirmasi Okezone, Sabtu (12/1/2019).

Mahdi menyampaikan, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Namun, masyarakat di sekitar wilayah Bengkulu diimbau tetap tenang karena gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami, serta tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

(Baca Juga : Gempa 4,6 SR Guncang Kepulauan Banda Maluku)

''Kami mengimbau masyarakat tetap tenang. Gempa tidak berpotensi tsunami,'' pungkas Mahdi.

(Baca Juga : Gempa Guncang Tasikmalaya, Pusatnya di Laut)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini