Jokowi Tepis Isu Antek Asing di Depan Alumni UI

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Sabtu 12 Januari 2019 19:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 12 605 2003619 jokowi-tepis-isu-antek-asing-di-depan-alumni-ui-G3olRW1c7V.jpg Jokowi hadiri deklarasi dukungan Alumni UI di Senayan, Jakarta (Foto: Fakhrizal Fakhri)

JAKARTA - Calon Presiden (Capres) Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, dirinya bukan antek asing saat menghadiri acara deklarasi Alumni Universitas Indonesia (UI) untuk Jokowi-Ma'ruf Amin. Ia memastikan itu dengan beragam capaiannya.

Seperti di era pemerintahannya, banyak aset bangsa Indonesia yang telah kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi. Salah satunya Blok Mahakam.

"Presiden Jokowi diisukan antek asing, antek asing, antek asing. Saya ingin menyampaikan, yang namanya Blok Mahakam 100 persen dikelola Pertamina yang sebelunya dikelola Jepang dan Prancis," kata Jokowi di Senayan, Jakarta, Sabtu (12/1/2019).

(Baca Juga: Hadiri Deklarasi Dukungan Alumni UI, Jokowi Cerita Perjalanan Politiknya)

Jokowi kembali pamer saat memaparkan aset lainnya yang telah 100% kembali ke Pertamina seperti Chevron. Selain itu, pengambil alihan mayoritas saham Freeport.

"Kemudian yang namanya Chevron, itu 100 persen dimenangkan Pertamina. Desember 2018, Freeport 51 persen kita kuasai. Pertanyaan saya, antek asingnya ada di mana? Di sana? Di sana itu di mana? Jangan dibolak-balik seperti itu," tegas Jokowi.

Jokowi-Ma'ruf Amin

Petahana itu mengungkapkan, pengambil alihan saham Freeport bukanlah pekerjaan mudah. Namun, ia menegaskan pula Indonesia bukanlah negara yang lemah.

"Dipikir merebut 51 persen saham Freeport selama 4 tahun itu mudah? Sangat sulit sekali, sangat sulit sekali. Tapi saya tahu, negara sebesar Indonesia ini tantangannya juga besar, tantangannya banyak. Tapi, kita tidak boleh lemah, tidak boleh takut terhadap tantangan-tantangan dan rintangan," ujarnya.

(Baca Juga: BPN Klaim Selisih Elektabilitas Jokowi-Prabowo Hanya 6 Persen)

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini