nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Cukup Alat Pendeteksi Bencana, Rescue Perindo Ajak Masyarakat Jaga Lingkungan

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Senin 14 Januari 2019 05:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 14 337 2003974 tak-cukup-alat-pendeteksi-bencana-rescue-perindo-ajak-masyarakat-jaga-lingkungan-HMgK3Cs7Xg.jpg Partai Perindo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua Umum Rescue Perindo, Denny Adin menilai peralatan pendeteksi bencana alam hanyalah sebuah sarana untuk menanggulangi bencana yang akan melanda suatu daerah.

Menurut Adin hal yang paling terpentimg itu adalah Pemda maupu masyarakat harus dapat memperhatikan dan menjaga lingkungan sehingga alam bisa bersahabat dengan warga sekitar.

"Jadi gini, sebenarnya alat pendeteksi itu penting. Tapi ada hal lain yang juga harus diperhatikan oleh pemda maupun masyarakat, yaitu harus menjaga lingkungan supaya alam bisa bersahabat dengan kita," katanya kepada Okezone, Senin (14/1/2019).

Baca Juga: Mendadak Viral, Pemburu Burung Rangkong Ditangkap Petugas

Bencana

Caleg DPR RI Dapil Jawa Barat VII dari Partai Perindo ini mengungkapkan untuk mengantispasi bencana yakni dibuatnya jalur evakuasi. Hal ini ia pelajari dari bencana alam Tsunami di Donggala, Palu dan Anyer, Padeglang Banten, hampir tidak ditemukan petunjuk jalur evakluasi, sehingga banyak menelan korban.

"Untuk daerah yang rawan tsunami, yang paling utama adalah belajar dari kejadian yang pernah terjadi tsunami. Seperti di Palu dan Banten, semua daerah tersebut tidak di temukan satu petunjuk arah buat evakuasi," katanya.

"Daerah Sumbar, Pemda Kota Padang sudah cukup baik, dengan menyiapkan jalur dan petunjuk arah evakuasi di setiap lokasi rawan dari semua wilayah pesisir pantai alat pendekteksi itu hanya sarana," tambahnya.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini