nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Petugas Gabungan Bikin Jembatan untuk Tembus ke Lokasi Longsor Gowa

Herman Amiruddin, Jurnalis · Sabtu 26 Januari 2019 02:29 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 25 609 2009602 petugas-gabungan-bikin-jembatan-untuk-tembus-ke-lokasi-longsor-gowa-Du0e3yhRAM.jpg Foto: Okezone

MAKASSAR - Tim gabungan tanggap bencana terdiri TNI-Polri bersama warga bahu-membahu membangun jembatan darurat, untuk bisa dilewati menuju ke Desa Pattalikang dari Desa Tanah Karaeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan tim gabungan untuk mengevakuasi korban tewas maupun warga yang masih terjebak timbunan tanah longsor yang ada di dataran tinggi desa tersebut.

Dari pantaun Okezone di lapangan, ratusan tim gabungan ini merakit jembatan besi. Meski berada di bawa guyuran hujan para petugas tidak rela berpacu dengan waktu.

Karena tim gabungan ini akan melintasi jembatan itu ketika berhasil terpasang. Setelah berhasil terpasang tim gabungan akan masuk ke Desa Pattalikang untuk membantu proses pencarian korban tertimbun longsor yang belum ditemukan.

 SD

Berdasarkan laporan di lokasi, hingga saat ini masih banyak warga yang tertimbun longsor dan belum ditemukan akibat banjir bandang menghatam desa tersebut pada 22 Januari 2019 lalu.

Seorang warga setempat Fatma mengatakan, saat banjir bandang datang bukan hanya menghantam pemukiman warga. Tapi kata dia, semua perabot rumah tangga seperti mesim cuci dan kulkas hanyut terbawa arus ke sungai yang besar.

"Airnya itu tinggi sampai atap. Air masuk dari berbagi arah pak. Air masuk dari belakang rumahku. Sungai juga meluap karna air tiba-tiba datang. Ada juga sapi beberapa ekor saya lihat. Ada banyak yang terbawa arus," kata Fatma kepada Okezone.

Selain itu, ada juga beberapa warga yang nekat menggunakan seutas tali untuk bisa naik ke atas jembatan. Setelah itu baru melanjutkan perjalanan kaki ke Desa Pattalikang untuk membawakan bantuan makanan kepada keluarganya yang masih selamat dan terisolir.

Hingga saat ini, masih ada warga yang megungsi ke rumah kerabatnya yang aman. Sebagian warga sudah ada yang kembali melihat rumahnya untuk mengecek barang-barang berharganya. Saat ini proses evakuasi terhadap korban yang tertimbun longsor masih dalam pencarian oleh tim tanggap bencana.

 SD

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini