nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menko Polhukam: Keberhasilan TNI-Polri Amankan Pilkada Bisa Diterapkan saat Pemilu

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Selasa 29 Januari 2019 10:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 29 337 2010743 menko-polhukam-keberhasilan-tni-polri-amankan-pilkada-bisa-diterapkan-saat-pemilu-H4ndOFaD92.jpg Menko Polhukam Wiranto bersama jajaran TNI dan Polri. (Foto: Harits Tryan Akhmad/Okezone)

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto turut hadir dan memberikan arahan dalam Rapat Pimpinan TNI-Polri Tahun 2019 di Gedung Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta Selatan. Wiranto berharap aparat TNI-Polri menjaga sinergitas dengan pemerintah daerah dan penyelenggara serta peserta pemilu di seluruh wilayah untuk menyukseskan Pemilihan Umum Serentak 2019.

"Di sini yang saya tekankan kepada prajurit, para pejabat di seluruh daerah, untuk terus bersinergi tidak hanya dengan pemerintah daerah atau pemerintah setempat, tapi juga dengan pemangku kepentingan yang lain, KPU, Bawaslu, parpol, dengan masyarakat, harus memberikan gambaran bahwa pemilu berjalan dengan aman, dengan tertib, dengan lancar, dan sukses. Sukses inilah yang terpenting bahwa kesinambungan pemilu ke depan dapat kita jamin. Itu yang saya kira," kata Wiranto usai memaparkan materi rapim, Selasa (29/1/2019).

(Baca juga: TNI-Polri Gelar Rapat Pimpinan Bahas Pengamanan Pemilu 2019)

Wiranto menambahkan, pengalaman TNI-Polri dalam mengamankan pilkada serentak sejak 2015 hingga 2018 dapat ditularkan pada pemilu serentak tahun ini.

"Tentu dengan pengalaman itu yang sudah berhasil akan dapat ditransfer dilakukan pengamanan serupa Pemilu 2019. Saya yakin pengamanan itu bisa membekali prajurit kita, TNI-Polri, untuk dapat tetap netral, menetralisir berbagai ancaman, berbagi hambatan, dalam rangka pengamanan Pemilu 2019," ujar Wiranto.

Lebih jauh Wiranto memaparkan, rakyat harus memilih pemimpin yang berkompeten, berkualitas, dan memiliki rekam jejak jelas dalam Pemilu Serentak 2019.

(Baca juga: Kuliah Umum di Seskoal, Ketua DPR Ingatkan TNI Jaga Netralitas saat Pemilu)

"Di mana kita akan memilih pempin yang nanti akan melanjutkan estafet kepemimpinan lima tahunan, maka peristiwa ini sangat penting bagi kehidupan kita sebagai bangsa. Oleh karena itu kita mengajak bahwa semua masyarakat, semua aparat, semua rakyat Indonesia, harus tahu pemimpin yang mana dipilih eksekutif, legislatif," ucap Wiranto.

"Pemimpin yang betul-betul memiliki kualitas, mempunyai kompetensi, mempunyai track record yang jelas. Sehingga apa? Sehingga kita bisa memastikan lima tahun ke depan, apa yang sudah kita lakukan terus berkesinambungan, apa yang kita lakukan akan membuat Indonesia menjadi negara yang terus maju, bukan negara yang mundur," tutur Wiranto.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini