nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TNI Bentuk Kogabwilhan, Ini Tugas dan Fungsinya

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa 29 Januari 2019 19:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 29 337 2011057 tni-bentuk-kogabilham-untuk-jabatan-baru-ini-tugas-dan-fungsinya-8Xo5Zx2fYR.jpg Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (Foto: Okezone)

JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, selain penambahan 60 jabatan baru di TNI juga membentuk satuan baru. Satuan itu dinamakan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan). 

Menurut Hadi, Kogabilhan merupakan satuan baru yang langsung berada di bawah komandon Panglima TNI. Fungsi dan peran Kogabwilhan akan mengintegrasikan berbagai pangkalan TNI seperti yang ada di Natuna, Morotai, hingga Biak.

Komandan dalam Kogabwilhan akan diisi perwira tinggi (pati) terbaik dengan pangkat bintang tiga. Sementara untuk wakilnya akan diisi jenderal bintang dua, serta para asisten berbintang satu sebanyak enam prajurit.

"Kogabwilhan tugasnya satuan yang langsung di bawah Panglima TNI yang tugas masuk seperti ke Kotamaop," ujar Hadi

(Baca Juga: Panglima Paparkan Penambahan 60 Jabatan Baru TNI

Jokowi, bersama TNI dan Polri

Menurut Hadi, amanat UU Nomor 5 Tahun 2015 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) juga mengamanatkan TNI untuk segera melakukan Perpres dan Keppres untuk perubahan jabatan yang harus diisi prajurit TNI.

Sehingga, berdasarkan perubahan Perpres Nomor 10 yang diubah menjadi Perpres Nomor 62 menjadikan 60 jabatan baru di TNI. "Belum lagi yang ada di Korpsus (Korps Dinas Khusus TNI AU-red). Sehingga total kurang lebih ada 60 jabatan," katanya.

(Baca Juga: Presiden Jokowi Tambah 60 Jabatan Baru untuk Pati TNI

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini