nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kebakaran Kubah Masjid Agung Belopa Diduga dari Percikan Las

Jufri Tonapa, Jurnalis · Selasa 29 Januari 2019 15:54 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 29 609 2010926 kebakaran-kubah-mesjid-agung-belopa-diduga-dari-percikan-las-gkKLh4AFoU.jpg Masjid Agung Belopa Terbakar (Foto: Jufri/Okezone)

SULAWESI - Kubah Masjid Agung Belopa, Kabupaten Luwu, hangus terbakar, Selasa (29/1/2019). Ternyata, kebakaran tersebut terjadi saat masjid masih dalam tahap pengerjaan.

Menurut salah satu pekerja, Aswan, kebakaran terjadi saat ia dan rekannya tengah mengerjakan plafon masjid. Namun, secara tiba-tiba dirinya mendengar rekannya dari bagian pengelasan teriak meminta air.

"Air-air, ada api," kata Aswan menirukan rekan-rekan kerjanya.

Baca Juga: Masjid Agung Belopa Sulsel Terbakar, Asap Hitam Membubung ke Langit

Masjid Terbakar

Aswan menjelaskan, ia dan dua rekannya tengah mengerjakan plafon masjid. Sementara dua lainnya mengerjakan pemasangan kaligrafi.

"Ada pengerjaan pengelasan pak, karena tulisan kaligrafi Alquran ini berat dan harus digantung," jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Luwu, AKBP Dwi Santoso, mengatakan hingga saat ini pihaknya tengah memintai keterangan dari beberapa saksi dalam insiden tersebut.

"Kita masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab kebakaran di Masjid Agung," kata Dwi.

Baca Juga: Permukiman Padat di Senen Jakpus Kebakaran, 27 Mobil Damkar Dikerahkan

Dari informasi yang dihimpun, kuat dugaan jika api bersumber dari percikan las pekerja yang kemudian membesar dan membakar kubah masjid.

Setidaknya, sebanyak 4 unit mobil Damkar Luwu dikerahkan ditambah 1 unit mobil water canon dan mobil PJU terus mencoba menjinakkan si jago merah yang melalap kubah masjid.

Untuk diketahui saat ini sedang dilakukan Pengerjaan plafon masjid dengan anggaran Rp1,1 miliar lebih. Pengerjaan ini dianggarkan tahun 2018, namun pengerjaan plafon ini baru intens dilakukan awal Januari 2019.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini