nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Prada Laode Majid, Korban Penyerangan KKSB di Papua Berhasil Dievakuasi ke RSUD Mimika

Saldi Hermanto, Jurnalis · Jum'at 01 Februari 2019 16:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 01 340 2012487 prada-laode-majid-korban-penyerangan-kksb-di-papua-berhasil-dievakuasi-ke-rsud-mimika-JEBKdMjQpd.jpg Penembahan ilustrasi

TIMIKA – Prada Laode Majid akhirnya berhasil dievakuasi ke Timika usai tertahan karena kontak senjata antara pasukan TNI dengan kelompok criminal separatis bersenjata (KKSB) di Distrik Mapenduma, Kabupaten Nduga, Papua pada Kamis 31 Januari 2019.

Dirinya dievakuasi menggunakan Heli Bell milik Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Penerbad) dan dibawa ke RSUD Mimika.

Prada Laode yang mengalami luka tembak pada bagian punggung sebelah kanan dan tangan kiri kini dalam penanganan pihak medis RSUD Mimika. Rencananya besok korban akan dievakuasi lagi ke Jayapura untuk mendapatkan perawatan di RS Marthen Indey milik TNI.

 Baca juga: Pasukan TNI Diserang KKSB dari Segala Penjuru, 1 Prajurit Tertembak

"Untuk kondisi korban luka ada di bahu kanan, dan luka di tangan sebelah kiri yang merupakan luka tembak. Secara umum kondisi korban stabil, siap menjalani proses tindakan medis," ujar Dandim 1710/Mimika, Letkol Inf Pio L. Nainggolan saat ditemui di RSUD Mimika.

 Korban KKSB, Laode Majid (saldi)

Letkol Pio juga menyampaikan bahwa korban sebelumnya sulit dievakuasi lantaran cuaca di wilayah Mapenduma sedang buruk. Akhirnya, pagi tadi dengan menggunakan Helly MI milik TNI korban berhasil dievakuasi ke Kenyam, ibukota Kabupaten Nduga dan dilanjutkan menggunakan Helly Bell ke Timika.

 Baca juga: 5 Fakta Baku Tembak TNI dan KKSB di Bandara Mapenduma Papua

"Kita juga masih tunggu dari dokter apakah ada sisa-sisa serpihan proyektil dalam tubuhnya, karena itu membutuhkan tindakan yang lebih dalam semacam rontgen. Kita tunggu hasil dokter," ujar Dandim.

Sebelumnya, pasukan TNI kembali diserang oleh KKSB dari tiga penjuru perbukitan saat sedang melakukan patroli. KKSB diduga pimpinan Egianus Kogoya yang diketahui berasal dari wilayah itu.

 Baca juga: Almarhum Praka Nasrudin Dapat Gelar Pahlawan dari Kodam Cenderawasih

Setelah mendapat serangan, pasukan TNI membalasnya dengan memukul mundur kelompok itu, yang kemudian lari dan bersembunyi ke dalam hutan.

Hingga saat ini TNI menyatakan situasi di wilayah Mapenduma masih dalam keadaan kondusif. Pasukan TNI masih berjaga-jaga sekaligus melakukan pengejaran terhadap kelompok itu.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini