nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sekjen PBB: Tentara Bayaran Picu Terorisme dan Ekstremisme

Agregasi VOA, Jurnalis · Selasa 05 Februari 2019 16:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 05 18 2014005 sekjen-pbb-tentara-bayaran-picu-terorisme-dan-ekstremisme-W8CdAORr2W.jpg Sekjen PBB Antonio Guteres. Foto/Reuters

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengungkapkan ada laporan yang menyebut “adanya peningkatan dalam penggunaan tentara bayaran,” kantor berita Associated Press melaporkan via VOA.

Tentara bayaran itu tidak saja bertempur secara ilegal dalam peperangan, tapi juga secara ilegal mengeksploitasi sumber daya alam dan sekarang juga ‘membiayai’ kejahatan transnasional terorganisasi, terorisme dan ekstremisme kekerasan, kata Guterres.

Senin (4/2), Guterres mengatakan menyerukan dukungan yang lebih luas terhadap perjanjian regional dan internasional menentang penggunaan tentara bayaran. Dia juga menyerukan upaya penuntutan terhadap tentara bayaran dan memperkuat usaha mencegah anak-anak muda khususnya untuk menjadi anggota tentara bayaran.

Foto/BBC

Baca: Polda Metro Tangkap 66 Pelaku Teror Selama Asian Games dan Asian Para Games 2018

Menteri Luar Negeri Rwanda Richard Sezibera mengatakan “sekarang kita menyaksikan meningkatnya serangan siber dan spionase industri yang dilakukan oleh kelompok-kelompok tentara bayaran di dalam negeri sendiri.”

Sezibera mengatakan di hadapan Dewan Keamanan PBB bahwa tentara bayaran terus tumbuh dan berinovasi sebab itu PBB dan Uni Afrika mesti menanggapinya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini