nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dalam Sehari, 6 Perahu Terbalik di Perairan Monokwari Papua Barat

Chanry Andrew S, Jurnalis · Rabu 06 Februari 2019 11:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 06 340 2014263 dalam-sehari-6-perahu-terbalik-di-perairan-monokwari-papua-barat-rO4jglCWwo.jpg (Foto: Chanry Andrew S/Okezone)

MANOKWARI - Sebuah perahu yang membawa 25 orang penumpang, dilaporkan terbalik di sekitar laut Rendani, Manokwari, Papua Barat, Selasa 5 Februari 2019, sekira Pukul 17.30 Wit. Beruntung, tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Terdapat 5 perahu lain yang juga mengalami kejadian serupa.

Perahu hendak kembali ke kota Manokwari dengan membawa jemaat gereja, usai perayaan HUT Pekabaran Injil ke-164 di Pulau Mansinam. Perahu terbalik 700 meter dari darat, diduga akibat kelebihan muatan. Beruntung, seluruh penumpang berhasil selamat dengan cara berenang ke darat.

Tak berselang lama, speed boat Basarnas Manokwari berisi sejumlah personel tiba di lokasi kejadian. Mereka juga ikut membantu proses evakuasi perahu. Baru sekira Pukul 18.25 Wit, perahu berwarna biru berbalut tenda putih itu berhasil dievakuasi ke darat.

Dari informasi yang didapat di lapangan, tak cuma satu perahu yang terbalik saat perayaan HUT PI. Selain di Rendani, sebuah perahu juga dikabarkan terbalik di dekat Pulau Mansinam di waktu yang hampir bersamaan.

5 Februari merupakan hari bersejarah bagi umat Kristiani karena bertepatan dengan HUT Pekabaran Injil yang telah mencapai usia 164 tahun.

(Baca juga: Perahu Terbalik, Penambang Pasir Tenggelam di Sungai Serayu)

Basarnas Manokwari yang dipimpin langsung Kasubsie Operasi, Andarias Alik menurunkan 50-an personel guna mengantisipasi risiko kecelakaan pelayaran, serta mengamankan jalur penyeberangan dari kota Manokwari ke Pulau Mansinam. Kesiagaan terutama di beberapa titik rawan, di antaranya Pelabuhan Umum Manokwari, dan Pelabuhan Masyarakat Kwawi.

Ilustrasi.

Ilustrasi.

Beberapa personel yang ditempatkan di laut menurunkan 2 unit speed boat, 2 unit rubber boat serta 1 unit sekoci milik KN SAR 244 Kumbakarna.

Andarias Alik mengatakan, terjadi 6 peristiwa perahu terbalik dan 2 perahu tabrakan. Jumlah penumpang cukup banyak dan didominasi wanita dan anak-anak.

"Namun syukur dengan kesiapsiagaan yang ada Tim Basarnas yang berada di laut berhasil mengevakuasi dan menyelamatkan korban dengan membantu mengantarkan ke tempat yang aman, namun di antara perahu terbalik ada pula saat tim tiba korban sudah berhasil menyelamatkan diri,” ujarnya.

Ada pun data kecelakaan di laut dalam satu hari, yakni 14.00 Wit perahu terbalik di pelabuhan umum; 14.18 Wit perahu terbalik di Kwawi; 16.04 Wit perahu terbalik di antara Kwawi-Lemon; 16.27 Wit perahu terbalik di dermaga baru; 17.32 Wit perahu terbalik di seputaran dermaga lama Mansinam; 18.07 Wit perahu terbalik di seputaran dermaga baru Mansinam; dan 18.42 Wit perahu tabrakan di Rendani.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini