nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Warga Khawatir Wabah Demam Berdarah, Perindo Gelar Fogging Gratis di Pancur Batu

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Sabtu 09 Februari 2019 22:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 09 608 2015840 warga-khawatir-wabah-demam-berdarah-perindo-gelar-fogging-gratis-di-pancur-batu-uxnQ7hlZll.jpg Fogging Partai Perindo di Sumatera Utara (Foto: Wahyudi/Okezone)

DELISERDANG - Kader dan para calon anggota legislatif (caleg) Partai Persatuan Indonesia (Perindo) menggelar bakti sosial kesehatan berupa pengasapan (fogging) gratis di dua Desa di Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Sabtu (9/2/2019).

Yakni di Desa Tengah dan Desa Salam Tani. Ratusan rumah dan pekarangan warga di kedua desa itu menjadi objek sasaran fogging. Kader dan caleg Perindo juga mengasapi areal kosong dan parit yang ada di sekitar rumah warga.

Ikut hadir dalam kegiatan fogging itu, Ketua DPW Perindo Sumut yang juga caleg DPR-RI Perindo nomor urut 1 dari dapil Sumut-1, Rudi Zulham Hasibuan; Ketua DPD Perindo Deliserdang yang juga caleg DPRD Sumut nomor 1 dapil Sumut-3, Sofyan Nasution; serta caleg DPRD Deliserdang nomor urut 4 dari dapil Deliserdang 4, Darwin Ketaren.

Sofyan Nasution menyebutkan, kegiatan fogging ini dilakukan atas dasar permintaan warga yang mulai khawatir dengan penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD) di sekitar lingkungan mereka. Fogging sendiri merupakan upaya pencegahan penyebaran DBd dengan membunuh dan memutus rantai perkembangbiakan nyamui Aedes Aegypti penyebab DBD.

"Tadi penerimaan dari masyarakat bagus sekali, karena memang fogging ini sangat mereka harapkan. Mereka juga kaget karena melihat kita melakukan sosialisasi langsung dengan program serta mendatangi warga secara door to door," kata Sofyan.

(Baca Juga: Hujan Deras, Fogging Perindo Jalan Terus)

Sembari pengasapan, lanjut Sofyan, mereka juga berdialog dengan warga untuk menyerap aspirasi warga. Hasilnya mereka menerima keluhan akan buruknya kualitas drainase dan ketiadaan lampu jalan di sekitar tempat tinggal mereka.

"Kita akan teruskan aspirasi ini ke DPRD Deliserdang. Tadi warga juga sudah sepakat mendukung kita dan siap berjuang bersama jika perbaikan tak kunjung dilakukan oleh pemkab Deliserdang saat ini," ujarnya.

Sementara itu, Darwin Ketaren mengatakan, warga sangat antusias menerima manfaat program fogging, yang kini telah ditetapkan sebagai program nasional Partai Perindo oleh Ketua Umum Perindo, Hary Tanoesoedibjo. "Banyak warga yang meminta agar program ini bisa dilaksanakan setiap bulan," ucapnya.

Darwin mengimbau kepada seluruh warga kecamatan Pancur Batu yang telah menerima manfaat fogging dari Perindo, untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan mereka, serta menjalankan pola hidup sehat.

"Kami himbau warga untuk tidak membuang sampahnya sembarangan. Khususnya sampah-sampah yang bisa menjadi tempat tergenangnya air, yang menjadi tempat sempurna bagi nyamuk Aedes Aegypti untuk berkembang biak," kata dia.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini