nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Australia Imbau Masyarakat Jauhi Siput Laut Naga Biru saat ke Pantai

ABC News, Jurnalis · Minggu 10 Februari 2019 17:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 10 18 2016018 australia-imbau-masyarakat-jauhi-siput-laut-naga-biru-saat-ke-pantai-af75gvt4oe.jpg Siput laut naga biru (ABC)

AUSTRALIA - Otoritas Layanan Sengatan Hewan Laut Australia meminta masyarakat menghindari menyentuh hewan siput laut naga biru dengan warna biru mencolok yang banyak tersapu ke pantai Utara New South Wales baru-baru ini. Meski terlihat sangat menarik, namun hewan laut ini berpotensi memberikan sengatan parah.

Siput laut naga dengan warna biru mencolok yang memakan ubur-ubur portugis atau bluebottle dan dapat memberikan sengatan kuat telah tersapu ke daratan dan menjadi perhatian warga di pantai utara New South Wales.

 Baca juga: Kebun Binatang Sydney Gelar Kompetisi Menamai Ular Berbisa dengan Nama Mantan Pacar

Mahluk laut Nudibranch bertubuh lunak dan tidak biasa ini kadang-kadang digambarkan menyerupai naga terbang, Pokemon atau kadal biru, dan menggunakan nama resmi glaucus atlanticus.

Direktur Layanan Penasihat Sengatan Laut Australia, Dr Lisa Gershwin, mengatakan itu adalah makhluk kecil yang menarik.

"Saya pikir mereka terlihat seperti kadal, mereka memiliki kepala kecil, lengan, kaki, dan jari tangan dan kaki, dan ekor, tetapi kemudian mereka memiliki garis-garis berwarna biru, hitam dan perak yang fantastis yang membuat mereka sangat mudah dikenali," katanya.

 Baca juga: Kisah Anak-Anak Muda Indonesia Bekerja Keras di Pabrik Daging Australia

Mirip dengan ubur-ubur portugis atau bluebottle, nudibranch naga biru mengapung di permukaan air dan biasanya menghabiskan sebagian besar waktunya di lautan terbuka.

 https://www.abc.net.au/cm/rimage/10797910-16x9-large.jpg?v=2

Dr Gershwin mengatakan angin darat reguler di sepanjang NSW utara dan garis pantai Queensland musim panas ini telah membuat mahluk laut ini tersapu ke pantai.

"Seperti ubur-ubur bluebottle, mereka mengambang tepat di permukaan air, dan mengambang, hidup dalam kumpulan, jadi ketika angin bertiup, angin akan mendorong mereka semua bergerak ke pantai," katanya.

"Setiap kali kita mendapatkan segerombolan besar ubur-ubur bluebottle yang tersapu ke pantai, glaucus [nudibranch] biasanya juga ada bersama mereka."

 Baca juga: Ditolak Berhubungan Badan, Kakek 89 Tahun Tembak Seorang PSK

Siput laut kecil sering tak terlihat

Siput laut kecil ini panjangnya hanya sekitar 25 milimeter, yang berarti mereka sering terabaikan di sela-sela ubur-ubur bluebottle yang terdampar.

Instruktur sekolah selancar yang berbasis di Port Macquarie Corey Enfield mengatakan, terlepas dari ukurannya yang sederhana, ia telah melihat sejumlah besar nudibranch ini dalam jumlah yang mengejutkan di pantai-pantai lokal baru-baru ini.

"Aku melihat sejumlah nudibranch kecil berwarna biru di Pantai Flynn setempat sore itu," katanya.

Memangsa Bluebottles

"Mereka indah untuk dilihat. Saya menjadi sadar tentang mereka sekitar dua atau tiga musim lalu dan saya telah melihat mereka mungkin tiga atau empat kali," katanya.

 Baca juga: Gunakan Database Keamanan untuk Lihat Perempuan di Tinder, Polisi Australia Dipenjara

Dr Gershwhin mengatakan makanan favorit siput naga laut biru adalah ubur-ubur bluebottle dan makhluk pelagis lainnya.

Dia mengatakan itu berarti nudibranch memiliki sengatan yang kuat, karena dapat menyimpan sel-sel menyengat bluebottle di 'jari' mereka.

"Ketika ubur-ubur portugis mengambang dan menjadi mangsa nudibranch ... mereka akan langsung mengunyahnya," katanya.

"Nudibranch mampu menyimpan sel-sel menyengat dari mangsa mereka, yaitu, bluebottle, di ... jari tangan dan kaki kecil mereka dan kemudian akan digunakannya sebagai mekanisme pertahanan mereka sendiri. Saya pernah disengat mereka, dan rasanya sakit sekali.”

Sementara itu, sejumlah besar bluebottle juga dilaporkan telah terdampar di NSW dan Queensland musim panas ini.

Dr Gershwin mengatakan pengobatan terbaik untuk sengatan bluebottle adalah dengan membilas sel-sel menyengat yang masih ada di kulit dengan air laut, dan kemudian menggunakan air hangat segar atau es untuk meredakan rasa sakitnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini