Jokowi: Demokrasi Kita Harus Semakin Matang sehingga Tak Ada Lagi Korban seperti '98

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Minggu 10 Februari 2019 10:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 10 605 2015918 jokowi-demokrasi-kita-harus-semakin-matang-sehingga-tak-ada-lagi-korban-seperti-98-FN9isXR57J.jpg Jokowi-Ma'ruf Amin. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Alumni Universitas Trisakti memberikan arah dukungan politiknya kepada calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Dalam acara deklarasi, mereka sempat memutar video kilas balik tragedi 1998 yang melibatkan sejumlah mahasiswa Universitas Trisakti ketika memperjuangkan reformasi.

Merespons hal itu, capres petahana Jokowi menyatakan tidak ingin terjadi lagi peristiwa kelam seperti tahun 1998.

(Baca juga: Hadiri Deklarasi Dukungan Alumni Trisakti, Jokowi: Saya Bukan Diktator!)

"Saya tadi melihat peristiwa '98 di layar. Kita tidak ingin peristiwa seperti itu, turbulensi politik seperti itu hadir lagi di negeri yang kita cintai ini," ujar Jokowi saat menghadiri acara deklarasi di Hall Basket Senayan, Jakarta, Sabtu 9 Februari 2019.

Jokowi memberikan pesan, demokrasi saat ini haruslah semakin matang dan dewasa sehingga tak kembali memunculkan situasi layaknya tragedi 1998. Apalagi, sambung Jokowi, Indonesia merupakan negara yang besar dan memiliki penduduk yang banyak.

(Baca juga: Jokowi Bersyukur Punya Badan Kurus, Ini Alasannya)

"Demokrasi kita harus semakin matang, semakin dewasa, sehingga tidak ada lagi korban-korban seperti '98 yang itu merupakan sebuah peringatan kepada kita semuanya dan Trisakti memberikan kontribusi besar pada reformasi yang dimulai di '98 lalu," ucap Jokowi.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini