nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dubes AS Kecam Penahanan Warga Kanada di China

Agregasi VOA, Jurnalis · Senin 11 Februari 2019 08:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 11 18 2016163 dubes-as-kecam-penahanan-warga-kanada-di-china-ccnsAry0fP.jpg Duta Besar AS untuk Kanada, Kelly Craft, saat menghadiri acara di Eisenhower Executive Office Builiding, Washington. (Foto : AP)

TORONTO – Duta Besar AS untuk Kanada mengatakan negaranya sangat prihatin akan penahanan dua warga Kanada oleh China "tanpa dasar hukum."

Dubes Kelly Craft, Sabtu (9/2/2019), mengatakan dalam pernyataan kepada Associated Press, penahanan bekas diplomat Michael Kovrig dan pengusaha Michael Spavor tidak dapat diterima dan mendesak China untuk mengakhiri penahanan sepihak itu. Ini adalah pernyataan publik pertamanya terkait isu itu.

China menahan keduanya sebagai balasan atas penahanan eksekutif perusahaan Huawei Meng Wanzhou di Kanada. AS ingin mengekstradisi untuk menghadapi dakwaan bahwa dia menyesatkan bank-bank mengenai transaksi bisnis perusahaan itu di Iran.

(Baca Juga : Kanada Tarik Separuh Stafnya dari Kedutaan di Kuba Akibat Penyakit Misterius)

Craft mengatakan kasus kriminal Departemen Kehakiman terhadap Meng diproses berdasarkan bukti dan undang-undang. Dia mengatakan AS mengapresiasi komitmen Kanada yang teguh pada supremasi hukum.

(Baca Juga : Dubes Kanada Dipecat Setelah "Salah Bicara" Soal Penahanan Eksekutif Huawei)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini