Tanri Abeng Apresiasi Program Santripreneur ala Kiai Ma'ruf

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Selasa 12 Februari 2019 14:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 12 605 2016812 tanri-abeng-apresiasi-program-santripreneur-ala-kiai-ma-ruf-9z1Id2bxJz.jpg Mantan Menteri BUMN Tanri Abeng menyambangi kediaman KH Ma'ruf Amin (Foto: Sarah/Okezone)

JAKARTA - Mantan Menteri Pendayagunaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Tanri Abeng tertarik dengan program santripreneur atau Santri Bagus Pintar Ngaji Usahawan (Gus Iwan) yang diusung calon wakil presiden nomor urut 01, Ma’ruf Amin.

Menurut Tanri Abeng, siswa pesantren yang akan lulus bisa langsung mempelajari dan menguasai manajemen badan usaha milik rakyat (BUMR). Menurutnya, hal itu sudah mulai ditiru di Malaysia.

“Itu menarik, saya punya universitas, kami sudah mengembangkan pendidikan yang khusus bisa mengelola BUMR ini,” ujar Tanri Abeng saat ditemui di kediaman Ma’ruf Amin, Jakarta Pusat, Selasa (12/2/2019).

(Baca Juga: TKN Jokowi-Ma'ruf Amin Menjemput Suara hingga ke Philadelphia)

“Saya ingin pesantren-pesatren itu yang sudah kelas 3, bisa kita berikan pendidikan ini dan mereka tidak perlu pergi ke kelas. Kalau dia sudah tamat satu tahun sudah bisa menguasai management BUMR. Dan itu ada di universitas saya, di seluruh dunia tidak ada, mulai ditiru di Malaysia,” kata dia.

Komisaris Utama PT Pertamina ini menambahkan, santri-santri sudah memiliki modal utama karena memiliki integritas dari segi keilmuan, sehingga itu dianggap sebagai modal utama untuk bisa mengembangkan BUMR di pesantren-pesantren.

“Santri itu sudah ada modal yang utama, yaitu mereka punya integritas, yang kita butuhkan ilmunya. Ilmunya saya berikan, integritasnya dari pesantren jadi kita bayangkan kita membangun kekuatan dari integritas ke keilmuan,” ujar Tanri Abeng.

“Jadi satu ini menjadi aset bangsa, jadi ya kita sudah punya dan itulah yang saya harapkan, karena BUMR ini dari daerah-daerah mungkin mereka di pesantren, kita sudah punya pola pembelajarannya,” kata dia.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini