nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

China Tutup Pos Pendakian Gunung Everest

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Jum'at 15 Februari 2019 16:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 15 18 2018451 china-tutup-pos-pendakian-gunung-everest-F4E3gzCvxo.jpg Seseorang membersihkan sampah di Gunung Everest. Foto/Reuters

TIBET - China menutup pos pendakian atau base camp Gunung Everest bagi pengunjung untuk menangani masalah limbah yang terus bertambah.

Mengutip Xinhua via South China Morning Post, Jumat (15/2/2019) turis masih bisa mendaki hingga kuil Rongpo yang berada di ketinggian 5.200 meter dari permukaan air laut.

Banyak orang mengunjungi gunung Everest dari sisi selatan di Nepal, tetapi selama beberapa tahun terakhir, jumlah orang mendaki dari China.

Pos pendakian Everest di China, yang terletak di Tibet, populer karena dapat diakses dengan mobil, sedangkan pendakian dari Nepal hanya dapat dicapai dengan mendaki selama hampir dua minggu.

"Area utama akan ditutup untuk pariwisata dalam jangka waktu tidak terbatas, terutama untuk konservasi ekologis," kata Tang Wu, dari badan pariwisata kabupaten Tingri, wilayah yang masuk Gunung Everest kepada PearVideo.

Foto/Reuters

Pada bulan Januari, pihak berwenang mengumumkan bahwa mereka akan membatasi jumlah izin pendakian setiap tahun hingga 300 pendaki saja.

Upaya pembersihan tahun ini juga akan mencoba untuk memindahkan mayat pendaki gunung yang telah meninggal di lokasi yang acap kali disebut sebagai zona kematian—yang terletak di atas 8.000 m, di mana udaranya terlalu tipis untuk manusia.

Karena ketinggian yang dingin dan tinggi, mayat-mayat ini sering tetap berada di gunung selama bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini