nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Beredar Isu Gempa Besar dan Tsunami Akhir Februari, Ini Penjelasan BMKG

Rus Akbar, Jurnalis · Jum'at 15 Februari 2019 14:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 15 340 2018405 beredar-isu-gempa-besar-dan-tsunami-akhir-februari-ini-penjelasan-bmkg-5CUxRRiL0p.jpg Ilustrasi Gempabumi (foto: Shutterstock)

PADANG - Santer beredar isu di beberapa media akan datangnya gempa dan tsunami pada akhir Februari ini. Namun, hal itu dibantah Badan Klimatologi Metereologi dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang, Sumatera Barat.

Kepala BMKG Padang Panjang Irwan Slamet mengatakan menanggapi berita terkait isu akan terjadi gempabumi dan tsunami besar pada akhir Februari yang disebabkan megathrust Mentawai di beberapa media tidaklah itu benar.

(Baca Juga: BMKG Ungkap Hal Menarik di Balik 2 Kali Gempa yang Guncang Laut Selatan Jawa) 

“Ramalan gempa bumi itu tidak dipertanggungjawabkan karena cakupan dan dampak yang disebutkan sangat luas dan sulit diterima dalam ilmu kegempaan (seimologi),” kata Irwan melalui keterangan tertulis yang diterima Okezone, Jumat (15/2/2018).

 

Indonesia memang menjadi wilayah aktif dan memiliki potensi gempa bumi. “BMKG tidak pernah mengeluarkan informasi prediksi gempa bumi,” ujarnya.

Irwan juga mengatakan, sampai saat ini belum ada teknologi yang dapat memprediksi terjadinya gempa bumi dengan tepat (kapan, di mana, dan berapa kekuatannya). “Rencana pemasangan sensor 50 Unit Earthquake Early Warning System (EEWS) merupakan program BMKG yang sudah lama dan tidak ada kaitannya dengan isu gempa bumi tersebut,” paparnya.

Masyarakat juga diimbau untuk tidak terpancing isu yang beredar mengenai gempa dan tsunami di akhir Februari. Berita yang membuat warga ketakutan itu setelah Website prediksi khusus gempa.

Gejalanya diprediksi mulai muncul bertepatan dengan Hari Valentine, 14 Februari. Ditrianum yang dikelola peneliti gempa bumi dari Belanda, Frank Hoogerbeests membuat ramalan mengenai gempa bumi besar seperti dilansir www.express.co.uk, pada Senin 11 Februari 2019.

(Baca Juga: Gempa Intens Terjadi, BMKG Tingkatkan Pengawasan)

Penyelarasan planet yang dimulai pada Hari Valentine membuat beberapa peneliti gempa bersiaga. Para peneliti percaya bahwa getaran dahsyat “mega-thrust” sedang dalam perjalanan. Planet Uranus, Mars, Venus dan matahari semuanya saling tarik-menarik dengan Planet Bumi dan berpotensi melepaskan getaran besar.

Planet-planet akan memiliki tarik-menarik gravitasi di seluruh sistem tata surya dan akan menarik dari semua sisi di lempeng tektonik Bumi.

(fid)

Berita Terkait

gempa

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini