Jokowi Ungkap Prabowo Pemilik Ratusan Ribu Hektare Lahan, TKN: Pernyataan Itu Bukan Serangan Pribadi

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 18 Februari 2019 12:55 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 18 605 2019521 jokowi-ungkap-prabowo-pemilik-ratusan-hektare-lahan-tkn-pernyataan-itu-bukan-serangan-pribadi-LzNn4NxEPa.jpg Joko Widodo dan Prabowo Subianto dalam debat kedua Pilpres 2019. Foto: Okezone/Arif Julianto

JAKARTA - Tim Kampanye Nasional (TKN) Koalisi Indonesia Kerja (KIK) mengatakan pernyataan Joko Widodo dalam debat Pilpres 2019 tentang kepemilikan lahan Prabowo di sejumlah daerah bukanlah serangan pribadi.

"Tentang pernyataan Pak Jokowi tentang kepemilikan lahan di Kalimantan Timur dan Aceh yang dimiliki Pak Prabowo, hal itu bukanlah serangan pribadi," kata Juru Bicara TKN, Ace Hasan Syadzily saat dikonfirmasi Okezone, Senin (18/2/2019).

Politikus Partai Golkar itu menegaskan apa yang dikatakan Jokowi terkait kepemilikan lahan merupakan bagian terkait dengan kebijakan redistribusi aset dalam konteks reformasi agraria.

"Pernyataan ini tersebut terkait dengan kebijakan redistribusi aset dalam konteks reformasi agraria," ujar Ace.

Foto/Okezone 

Prabowo, kata Ace, juga telah mengakui bahwa dia memiliki lahan seluas ratusan ribu hektare tersebut. Hal itu tercermin dalam jawabannya saat debat.

Baca: Prabowo Disebut Tak Siap di Debat Capres Kedua

Baca: Bantah Pakai Alat Bantu Komunikasi saat Debat, Jokowi: Itu Fitnah!

Wakil Ketua Komisi VIII DPR ini menilai Prabowo bersikap paradoks. Di satu sisi berbicara soal kepentingan rakyat, tapi pada sisi yang lain justru tanah negara dikuasi oleh segelintir orang, salah satunya oleh Prabowo sendiri.

"Pernyataan itu sebetulnya dalam konteks redistribusi aset sungguh lah tidak tepat. Penguasaan lahan seluas itu yang berstatus HGU Pak Prabowo menunjukkan bahwa ada inkonsistensi. Di satu sisi berbicara soal rakyat, tetapi justru tanah negara dikuasai oleh segilintir orang. Ini paradoks," jelas Ace.

"Dengan 'pengakuan' tersebut semakin terbongkar lah siapa yang memiliki komitmen berjuang buat rakyat, mana yang mengatasnamakan rakyat," ujar dia.

Foto/Okezone 

Dalam debat capres ronde kedua kemarin malam, Jokowi mengungkap kepemilikan lahan Prabowo di Kalimantan Timur sebesar 220 ribu hektare dan di Aceh 120 ribu hektare.

Prabowo mengakui memiliki lahan tersebut. Namun ia menegaskan status kepemilikan tanahnya adalah hak guna usaha (HGU) yang setiap negara membutuhkannya, bisa diambil kembali.

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga juga mengadu ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) karena menganggap petahana melakukan serangan pribadi dan melanggar tata tertib (tatib) debat.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini