Debit Air Sungai Batanghari Meningkat, Masyarakat Diminta Waspada

Azhari Sultan, Okezone · Rabu 20 Februari 2019 03:29 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 19 340 2020311 debit-air-sungai-batanghari-meningkat-masyarakat-diminta-waspada-g4gXTuAqEe.jpg Foto Ilustrasi

JAMBI - Sejak satu pekan ini, Provinsi Jambi terus mengalami hujan dengan intensitas tinggi. Akibatnya, debit air Sungai Batanghari terus mengalami peningkatan. Bahkan, sudah bisa dibilang berstatus waspada.

Ini diungkapkan Syahrudin, penjaga pos duga air di wilayah Ancol, Kota Jambi, bahwa debit air Sungai Batanghari kurang lebih lima hari ini sudah berstatus waspada.

"Sekarang ketinggian air Sungai Batanghari sudah mencapai ketinggian sekitar 12,70 cm. Dengan ketinggian itu, maka bersatus waspada. Status waspadanya sudah lima hari ini," tegasnya, Selasa (19/2/2019).

Diakuinya, dari curah hujan yang terus terjadi di Jambi, maka diperkirakan debit air Sungai Batanghari berkemungkinan akan terus mengalami peningkatan.

 sd

Pasalnya, kata dia, curah hujan yang tinggi dan terus mengguyur dibagian hulu Sungai Batanghari.

"Ini bakal masih naik lagi, soalnya kan hujan banyak. Seperti di Sumatra Barat kan hujan terus dan nanti bakalan melimpah kesini, dari sumatra barat, bungo, tebo nanti bakal kesini," tutur Syahrudin.

Menurutnya, ketinggian air Sungai Batanghari yang berstatus waspada saat ini pada ketinggian 12,70 cm.

"Kalau berstatus siaga, maka ketinggian air Sungai Batanghari sudah mencapai 13,37 cm. Bisa sebentar lagi," tuturnya.

Dia berharap kepada masyarakat untuk senantiasa waspada, mengingat kenaikan debit air ini berpotensi mengalami kelonjakan yang kuat di malam hari.

"Kita mengimbau kepada masyarakat agar waspada. Ya takutnya terjadinya nanti pas tengah malam, jadi waspadalah. Karena kan di malam itu kenaikan air paling banyak, bisa-bisa mencapai 30 cm sekali naik," tandas Syahrudin.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini