Bendahara Vatikan Dinyatakan Bersalah Atas Pelecehan Seksual Terhadap Anak 13 Tahun

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 26 Februari 2019 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 26 18 2022926 bendahara-vatikan-dinyatakan-bersalah-atas-pelecehan-seksual-terhadap-anak-13-tahun-qTTX9iPB7w.jpg Kardinal George Pell. (Foto: Reuters)

MELBOURNE – Bendahara Vatikan, Kardinal George Pell dinyatakan bersalah atas lima tuduhan pelecehan seksual terhadap anak-anak yang dilakukannya dua dekade lalu di Australia. Pell menjadi salah satu pejabat tertinggi di Vatikan yang didakwa atas tuduhan pelecehan seksual.

Putusan bersalah diumumkan kepada publik pada Selasa setelah pencabutan perintah kerahasiaan pengadilan untuk sidang Pell pada 2018. Kasus pelecehan kedua terhadap Pell telah dibatalkan oleh jaksa.

BACA JUGA: Paus Fransiskus Pecat Mantan Kardinal AS Atas Kasus Pelecehan Seksual

Pell dihukum atas lima tuduhan pelecehan seksual yang dilakukannya terhadap dua anak laki-laki berusia 13 tahun yang merupakan anggota paduan suara di ruang sakristi Katedral Santo Patrick di Melbourne. Pelecehan seksual itu terjadi 22 tahun lalu saat Pell menjabat sebagai uskup agung katedral tersebut. Salah satu dari dua korban Pell telah meninggal pada 2014.

Setiap tuntutan dari kelima kejahatan tersebut dapat diganjar dengan hukuman maksimal 10 tahun penjara. Pengacara Pell telah telah mengajukan banding atas tiga alasan yang akan menghasilkan sidang ulang jika dikabulkan.

"Kardinal Pell selalu mempertahankan bahwa dirinya tidak bersalah dan terus melakukannya," kata Pengacara Pell, Paul Galbally sebagaimana dilansir Reuters, Selasa (26/2/2019).

Pell dijadwalkan kembali ke pengadilan pada Rabu untuk memulai sidang hukumannya.

BACA JUGA: Kardinal Sebut Dokumen Pelecehan Seksual Anak di Gereja katolik Sengaja Dihancurkan

Skandal pelecehan seksual yang telah berlangsung selama beberapa dekade telah menjerat puluhan tokoh Gereja Katolik dan telah memaksa Paus Fransiskus mengambil tindakan keras. Pada Minggu, Paus Fransiskus telah menyatakan “perang” terhadap kejahatan tersebut dan menyatakan pelecehan seksual harus “dihapuskan dari muka bumi”.

Vatikan mengatakan, bahwa Paus Fransiskus telah memecat Pell dari kelompok penasihat terdekatnya pada Desember lalu. Namun, Vatikan tidak memberikan komentar mengenai persidangan Pell.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini