India dan Pakistan di Ambang Perang, Seperti Ini Perbandingan Kekuatan Kedua Negara

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 27 Februari 2019 11:32 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 27 18 2023404 india-dan-pakistan-di-ambang-perang-seperti-ini-perbandingan-kekuatan-kedua-negara-e5Wdw4iBpK.jpg Militer India. (Foto: AFP)

INDIA dan Pakistan kembali berada di ambang konflik terbuka menyusul ketegangan yang semakin meningkat antara kedua negara dalam sepekan terakhir, terutama setelah India melancarkan serangan udara di wilayah Pakistan pada Selasa.

Kedua negara bertetangga itu telah lama menjadi rival di kawasan dan terlibat sengketa berdarah memperebutkan wilayah Kashmir. Namun, bagaimana sebenarnya kapabilitas dan kekuatan India dan Pakistan jika terlibat dalam konflik terbuka? Berikut perbandingan kekuatan kedua negara sebagaimana dilansir RT, Rabu (27/2/2019).

Ekonomi dan Populasi

Meski kedua negara bisa dianggap seimbang dalam posisi diplomatiknya dengan negara lain, India memiliki kelebihan yang nyata dari segi populasi dan ekonomi.

BACA JUGA: Ketegangan Meningkat, Pakistan Janji Akan Balas Serangan Udara India

India yang merupakan salah satu negara dengan penduduk terbesar di dunia memiliki populasi lebih dari 1,3 miliar jiwa, jauh lebih banyak dari Pakistan yang berpenduduk sekira 197 juta jiwa. India juga unggul dari segi ekonomi dengan Pendapatan Domestik Kotor (GDP) tahun 2018 sebesar USD2.689 triliun berbanding USD307 miliar GDP Pakistan.

Berdasarkan data dari International Institute for Strategic Studies, pada 2018, India menganggarkan USD58 miliar untuk militer dan pertahanannya, sementara Pakistan ‘hanya’ mengalokasikan USD11 miliar.

Kekuatan Angkatan Darat, Laut dan Udara

Kedua negara memiliki angkatan bersenjata yang dapat dikatakan besar, baik dari segi personel mau pun dari alutsista. Meski Pakistan memiliki sedikitnya 560.000 personel angkatan bersenjata, jumlah itu kalah jauh dari kekuatan personel angkatan bersenjata India yang terdiri dari 1,2 miliar tentara aktif, dan sedikitnya 300 juta warga yang dapat dikerahkan untuk wajib militer.

India memiliki 3.500 unit tank, 10.000 unit artilery, sekira 3.100 angkutan personel untuk kekuatan daratnya yang ditunjang oleh 800 unit pesawat militer, yang sebagian besar merupakan pesawat dari era Soviet seperti MiG-21 dan MiG-27, selain juga pesawat modern buatan Rusia Su-30.

Pakistan diperkirakan memiliki 2.500 unit tank, kurang dari 5.000 unit artileri dan kurang dari 2.000 unit kendaraan pengangkut infanteri. Republik Islam itu mengoperasikan 450 unit pesawat militer yang merupakan pesawat produksi bersama Amerika Serikat, Prancis dan China.

Dari segi kapabilitas angkatan laut, India juga unggul cukup jauh baik dari segi jumlah personel dan kapal-kapal militernya. Hal itu bisa dimaklumi karena India memiliki garis pantai yang jauh lebih panjang dari rivalnya. Namun, konflik antara kedua negara diperkirakan tidak akan banyak melibatkan kekuatan angkatan laut karena pusat konflik berada di Kashmir yang merupakan daerah landlocked, tanpa batas perairan.

Kekuatan Nuklir

Kapabilitas nuklir adalah elemen penting dari konflik antara India dan Pakistan. Menyadari bahwa kekuatan militernya kalah jauh dari tetangganya, Pakistan telah mengeluarkan begitu banyak biaya untuk menciptakan deterrent berupa senjata nuklir.

BACA JUGA: Lima Mesin Perang India yang Ditakuti Dunia

Berdasarkan data Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm (SIPRI) Pakistan telah membangun 140-150 hulu ledak nuklir, lebih dari 130-140 hulu ledak nuklir yang dimiliki India. Meski begitu, India memiliki rudal berkapabilitas nuklir yang lebih mumpuni dengan rudal Agni-3 yang memiliki jangkauan hingga 5.000 kilometer, sementara rudal Pakistan dengan jarak tembak terjauh adalah Shaheen-2 yang memiliki jangkauan 2.000 kilometer.

Tetapi kedua negara tidak memiliki kemampuan pencegat rudal yang baik, sehingga dalam skenario terburuk perang total, baik India dan Pakistan dapat menghadapi kehancuran dengan jutaan korban jiwa jika kota-kota padat penduduk mereka dihantam rudal nuklir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini