Pakistan Tembak Jatuh Dua Pesawat India, Tangkap Seorang Pilotnya

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 27 Februari 2019 14:19 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 27 18 2023491 pakistan-tembak-jatuh-dua-pesawat-india-tangkap-seorang-pilotnya-EEjZ98H8M2.jpg Jet F-16 Pakistan. (Foto: Reuters)

ISLAMABAD – Militer Pakistan mengatakan jet tempurnya telah menembak jatuh dua pesawat angkatan udara India di wilayah udara Pakistan pada Rabu. Insiden ini terjadi hanya berselang sehari setelah jet tempur India melakukan serangan udara yang diklaim menargetkan kamp teroris di wilayah Pakistan setelah melakukan pelanggaran wilayah udara.

Juru Bicara angkatan bersenjata Pakistan, Mayor Jenderal Asif Ghafoor mengatakan, pesawat angkatan udara India itu masuk ke dalam wilayah udara Pakistan pada Rabu, setelah Pakistan melancarkan serangan udara ke wilayah Kashmir yang dikuasai India.

BACA JUGA: Baku Tembak Tentara India dan Pakistan Tewaskan Empat Warga Sipil di Kashmir

“PAF (angkatan udara Pakistan) menembak jatuh dua pesawat India di dalam wilayah udara India,” kata Ghafoor dalam tweet yang dilansir Reuters, Rabu (27/2/2019).

Salah satu pesawat jatuh di wilayah Kashmir yang dikuasai India, sementara satu pesawat lagi jatuh di wilayah Pakistan dan pilotnya telah ditangkap.

Belum ada keterangan resmi dari pihak India mengenai insiden ini.

Berdasarkan keterangan polisi di wilayah Kashmir yang dikuasai India, dua pilot India dan seorang warga sipil tewas setelah sebuah pesawat angkatan udara India jatuh di sana. Namun, dia tidak mengatakan bahwa pesawat tersebut ditembak jatuh oleh angkatan udara Pakistan.

Para pejabat India mengatakan tiga jet tempur Pakistan juga telah memasuki wilayah udara India, sebelum dicegat dan dipaksa berbalik.

BACA JUGA: Targetkan Kamp Teroris, Jet Tempur India Lancarkan Serangan Udara di Wilayah Pakistan

Kejadian ini memaksa angkatan udara India memerintahkan penutupan bandara di Srinagar dan sedikitnya tiga bandara di negara bagian lain yang bertetangga.

Ketegangan antara kedua negara memuncak setelah serangan udara yang dilakukan jet tempur India di wilayah Pakistan pada Selasa. Delhi mengklaim serangan itu ditujukan untuk menghancurkan kamp teroris Jaish-e-Muhammad (JeM) yang dianggap bertanggungjawab atas serangan bom yang menewaskan lebih dari 40 tentara India di Kashmir pada 14 Februari.

Pakistan yang telah secara tegas menyatakan tidak terlibat dengan JeM dan serangan teror di Kashmir menyebut serangan India itu gegabah dan berjanji akan melakukan pembalasan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini