Baku Tembak Tentara India dan Pakistan Tewaskan Empat Warga Sipil di Kashmir

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 27 Februari 2019 10:23 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 27 18 2023370 baku-tembak-tentara-india-dan-pakistan-tewaskan-empat-warga-sipil-di-kashmir-jxdEkPKUr9.jpg Patroli perbatasan India. (Foto: Reuters)

KASHMIR – Empat orang, termasuk dua anak-anak tewas dan tujuh lainnya mengalami luka-luka menyusul baku tembak antara tentara India dan Pakistan di Distrik Kotli yang di wilayah Kashmir yang dikendalikan Pakistan.

"Sejauh ini, empat orang tewas dalam penembakan itu," kata Nasrullah Khan, seorang staf rumah sakit kepada Al Jazeera pada Selasa malam.

Khan mengatakan, korban tewas termasuk seorang wanita dan dua anaknya di Nakyal di sepanjang Line of Control (LoC), perbatasan de facto antara India dan Pakistan yang dijaga sangat ketat oleh militer kedua negara.

BACA JUGA: Targetkan Kamp Teroris, Jet Tempur India Lancarkan Serangan Udara di Wilayah Pakistan

"Sebuah mortir India menghantam sebuah rumah di sektor Nakyal di sepanjang Line of Control yang membunuh seorang ibu, anak perempuan dan anak lelaki," kata pejabat otoritas manajemen bencana setempat, Shariq Tariq kepada AFP.

Korban tewas lainnya dilaporkan terjadi di Kota Koiratta, sebuah daerah semi otonomi Kashmir.

Sementara di pihak India melaporkan, sedikitnya lima tentaranya mengalami luka-luka dalam insiden penembakan lintas batas negara di sepanjang LoC.

Baku tembak antara tentara kedua negara itu terjadi hanya beberapa jam setelah India melancarkan serangan udara ke daerah Balakot, sebuah wilayah Pakistan yang berjarak sekira 50 kilometer dari LoC. India mengklaim menargetkan kamp teroris di sana dan telah menewaskan sejumlah besar militan dalam serangan tersebut.

BACA JUGA: Ketegangan Meningkat, Pakistan Janji Akan Balas Serangan Udara India

Keterangan Delhi itu dibantah Pakistan yang mengatakan jet tempur India hanya mengebom wilayah hutan tak berpenghuni. Islamabad berjanji akan melakukan pembalasan di saat yang tepat atas serangan yang gegabah dari India itu.

Ketegangan antara kedua negara meningkat dalam beberapa hari terakhir menyusul serangan teroris di Kashmir yang menewaskan lebih dari 40 pasukan para militer India pada 14 Februari. India menuduh Pakistan telah mendukung kelompok Jaish-e-Muhammad (JeM) yang bertanggungjawab atas serangan tersebut, namun tuduhan itu segera dibantah Pakistan yang secara tegas menyatakan tidak terlibat dalam serangan tersebut atau pun dengan kelompok JeM.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini