nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bupati Cirebon Non Aktif Didakwa Jual Beli Jabatan

CDB Yudistira, Jurnalis · Rabu 27 Februari 2019 11:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 27 525 2023401 bupati-cirebon-non-aktif-didakwa-jual-beli-jabatan-mFAcsKgQJG.jpg Sidang Bupati Non Aktif Cirebon (Foto: CDB Yudistira/Okezone)

BANDUNG - Dalam sidang perdananya, Bupati Cirebon non aktif Sunjaya Purwadisastra dijerat kasus suap jual beli jabatan di lingkungan Pemkab Cirebon.

Hal itu tertuang dalam pembacaan dakwaan oleh jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Bandung, Rabu (27/2/2019).

Kasus suap jual beli jabatan yang menjerat salah satu‎nya dari Gatot Rachmanto selaku Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pemkab Cirebon senilai Rp100 juta, yang sudah divonis bersalah dalam kasus ini dan dipidana penjara 1 tahun dua bulan sebagai pemberi suap.

"Bahwa terakwa telah melakukan atau turut serta melakukan perbuatan yakni menerima hadiah berupa uang sejumlah Rp100 juta dari Gatot Rachmanto selaku Sekretaris Dinas PUPR Cirebon," ujar jaksa ‎ penuntut umum Iskandar Marwanto.

Sunjaya

Bacqa Juga: Bupati Cirebon Non-aktif Sunjaya Disebut Miliki Rekening Atas Nama Orang Sakit Jiwa

Dalam promosi jabatan di Pemkab Cirebon, ia juga meminta imbalan uang kepada penjabat-penjabat yang di lantik, dengan besaran jumlah yang berbeda.

"Dalam promosi jabatan tersebut, terdakwa sering meminta imbalan uang kepada pejabat yang dilantik dengan besaran setingkat eselon III A sebesar Rp100 juta, Rp50 juta untuk jabatan setingkat eselon IV dan Rp25 juta hingga Rp30 juta untuk eseon IV," ujarnya.

Jaksa KPK menerapkan Pasal 12 huruf b Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUH Pidana dalam dakwaan pertama. Sedangkan dalam dakwaan kedua, jaksa menerapkan Pasal 11 Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi‎.

Baca Juga: Telisik Kasus Suap Bupati Cirebon, KPK Periksa 48 Saksi

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini