nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa Magnitudo 4,0 Guncang Manokwari, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Chanry Andrew S, Jurnalis · Senin 04 Maret 2019 16:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 04 340 2025628 gempa-magnitudo-4-0-guncang-manokwari-warga-berhamburan-keluar-rumah-pFUNtLJNQW.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

SORONG – Gempa bumi tektonik dengan magnitudo 4,0 mengguncang Manokwari, Papua Barat, Senin (4/3/2019) sekira pukul 12.21 WIB.

Guncangan gempa tersebut sempat membuat warga Manokwari kaget dan berhamburan keluar rumah.

"Ia tadi sempat ada gempa saat saya lagi di dalam rumah membuat kaget dan kami sekeluarga lari berhamburan keluar rumah," ucap Syam, warga Manokwari kepada Okezone, Senin (4/3/2019).

Sementara itu, menurut, Plh Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Sorong, Ariance Liye Djawa, dari hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki kekuatan M4,0. Episenter gempa terletak pada koordinat 1,33 Lintang Selatan (LS) dan 134,49 Bujur Timur (BT), atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 70 km arah tenggara Kota Manokwari, Provinsi Papua Barat, pada kedalaman 9 km.

Ilustrasi (Shutterstock)

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar Yapen," kata Ariance dalam siaran pers BMKG Sorong, yang diterima Okezone di Sorong, Senin (4/3/2019).

Lanjut Ariance, dampak gempa berdasarkan Peta Tingkat Guncangan (Shakemap BMKG), menunjukkan guncangan dirasakan di daerah Manokwari dalam I-II MMI.

Menurutnya, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

(Baca Juga : Gempa Guncang Cilacap, Berpusat di Kedalaman 10 Kilometer)

Hasil pemodelan menurut Ariance, menunjukkan gempa tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 13.17 WIB, hasil monitoring BMKG terdapat satu aktivitas gempa susulan yang tidak dirasakan.

"Kepada masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," katanya.

(Baca Juga : Gempa Magnitudo 4,0 Guncang Ransiki Manokwari Selatan)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini